Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Authors

  • Salma Rahma Chrisya Adriani
  • Sinung Khoirot
  • Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurjanah Nurjanah

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1162

Abstract

Penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meluas dan memakan banyak korban. Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini adalah membuat kebijakan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk belajar di rumah tetapi pembelajaran tetap terus berjalan yakni dengan cara pengajar dan peserta didik menggunakan media daring atau online, pembelajaran tatap muka harus diubah menjadi pembelajaran online dan proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office 365. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak apa yang terjadi dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Selain itu penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui tanggapan dari para siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoahrjo dalam hal proses pengajaran yang diterapkan semenjak pandemi ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan perspektif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui banyak sekali dampak yang diperoleh baik teknis maupun guru mengetahui bahwa siswa kurang puas, siswa kurang puas dengan metode PJJ yang mereka gunakan saat ini, dan guru juga kurang puas dengan kemampuan guru menyampaikan materi ke siswa.

Kata-kata Kunci: dampak pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

SINTA ID : 6182957

References

Achmad. Jayul,.& Edi. Irwanto. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, volume 6(2), hal: 199, Juni 2020, DOI: 10.5281/zendo.3892262.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fuad, Zainul, dkk. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

................ (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta.

Matdio. Siahaan. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. jurnal Karya Ilmiah. Edisi Khusus No. 1 (Juli 2020), hal: 1-3. Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Nureza. Fauziyah. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Jurnal Al-Mau’izhoh, volume 2(2), November, 2020. Diambil dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_jarak_jauh

Rizqon. Halal Syah Ali. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Volume. 7(5). 2020, hal: 395-402, DOI: 10.15408/sjbsbs.v7i5.15314.

Sugiyono. (2011). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Suyahman. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, volume 29(2), Juli 2020, hal: 169-176. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/803/603

Wahyu. Aji,.& Fatma. Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 (1) April 2020, hal: 55-61.

Downloads

Additional Files

Published

2021-03-01

How to Cite

Adriani, S. R. C., Khoirot, S., S.Sn., M.Hum, D. S., & Nurjanah, N. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 53–58. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1162

Issue

Section

Artikel