Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Giyono Giyono SMA Negeri 1 Gemolong

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1343

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation ( GI ) dan dengan penerapan model pembelajaran tersebut untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menganalisis kebahasaan  teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester 1 tahun elajaran 2019/2020. Sumber ata diperoleh dari guru, peserta didik, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi.. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan penelitian kelas, rata-rata- kemampuan peserta didik dalam menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi mendapat skor 68, setelah diadakan tes siklus  I mendapat skor rata-rata 77,81 dan setelah siklus II rata-rata skor 85,03.Sementara keaktifan dalam embelajaran teks laporan hasil observasi  juga meningkat setiap pertemuan pada siklusnya, siklus I rata-rata 69,4, siklus II rata-rata 85,8. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru juga mengalami eningkatan sehingga hal tersebut memengaruhi kemampuan menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolon. Bedasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe Group Inestigation dapat meningkatkan motivasi menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi dan meningkatkan kemampuan  menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi Peserta Didik Kelas X IPS 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020

Kata kunci : Metode group investigation, meningkatan motivasi dan kemampuan, menganalisis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, Mohammad. (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran: PT Rineka Cipta.

Eggen dan Kauchak. (2005). Methods for Teaching. Jakarta: Gramedia. diunduh tanggal 23 Agustus 2016.

Giyono. (2019). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Tes Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaan 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(1): 1-16.

Joko Budi Marsono. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Togetther Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan, volume 29(1): 77-84.

Kiranawati. (2007). Metode Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa.Semarang.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Sastra. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnyomo. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Pembelajaran Berbasis ICT pada Siswa Kelas IX.8 SMP Negeri 1 Grobogan. Pedagogik Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, volume 5(2): 59-69.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sharan. (2005). Cooperative Learning (Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran). Jakarta: Ghalia. Diunduh tanggal 23 Agustus 2016.

Sjafrudin Djoko Hidajat Nur. (2011). Optimalisasi Hasil Belajar okok Bahasan Radslag (Meroda) Mata Pelajaran Penjaorkes dengan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Pedagogik Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, volume 5(2): 59-69.

Suhartini Arikunto, Suharjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyoto. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya dan Kesenian pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1): 85-92.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Triman. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes melalui Permainan Kasbol Siswa Kelas IV SD N Bulakrejo 01 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 26(2): 215-224.

W Gulo. (2002). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wiwik Hariyati. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Penerapan Metode Teatrikal terhadap Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan, volume 26(2):195-204.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Giyono, G. (2021). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(2), 245–260. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1343

Issue

Section

Artikel