Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading Compasition untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X-IPS 2 SMA Negeri 1 GemolongTahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.749Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Compasition (CIRC) dan dengan penerapan model pembelajaran tersebut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus atau dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020.Sumber data diperoleh dari guru, peserta didik, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi.Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi.Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data.Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan penelitian kelas, rata-rata kemampuan siswa dalam menciptakan kembali teks anekdot mendapat skor 68, setelah diadakan siklus I mendapat skor rata-rata 72,89 dan setelah siklus II rata-rata mendapat skor 81,73, Sementara keaktifan dalam pembelajaran teks anekdot juga meningkat setiap pertemuan pada siklusnya, siklus I rata-rata 68,83, siklus II rata-rata 85,28. Berdasarkan hasil observasi kompetensi keterampilan juga mengalami peningkatan sehingga hal tersebut mempengaruhi kemampuan menciptakan kembali teks anekdot padasiswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Integrated Reading Compasition (CIRC) dapat meningkatkan motivasi siswadan meningkatkan belajar pada Siswa Kelas X IPS 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Asrori, Mohammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Giyono.(2019). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan. Volume 28 Nomor 1, Maret 2019. 1-16.
Hamalik,Oemar. (1992). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bandung: Angkasa.
Lukman, Ali dkk. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning, Teory Research and Practise. Boston:Allyn and Bacon, Edisi Terjemahan.
Suhartini Arikunto, Suharjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibin. (2004). Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Roda Karya.
Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya(Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Waryana (2020).Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas IX A SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan. Volume 29 Nomor 1, Maret 2020. 67-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.