Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga

Authors

  • Vika Noviana Safitri

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1856

Abstract

ABSTRACK
The purpose of this study was to determine the effect of creativity and motivation on learning independence at Satya Wacana Christian Senior High School, Salatiga. This study used an associative method with a quantitative approach. The technique used is data collection (questionnaire). Data analysis using multiple linear regression Y = 36.706-0.143 (X1) + 0.265 (X2) based on the analysis and discussion it can be concluded that: 1) There is no influence between Creativity (X1) on Independence Learning (Y). 2) There is an influence between Motivation (X2) on Independent Learning (Y). 3.) There is an influence between Creativity (X1) and Motivation (X2) on Independence Learning (Y). This means that creativity does not contribute to learning independence while motivation contributes to increasing learning independence.
Keywords : Kreativitas, Movivasi, dan Kemandirian Belajar

 

References

A.M. Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Conny R. Semiawan. (2008). Keativitas Anak Usia Dini. Jakarta : Macan Jaya Cemerlang.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi Muslimah. (2014). Pengaruh Kemandirian belajar dan Motivasi belajar terhadap Kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit tahun ajaran 2013/2014.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan Jakarta : Bumi Askara.

Haris Mudjiman. (2011). Manajemen Pelatihan berbasis belajar mandiri. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Moh. Nazr. (2011). Metode Penelitian. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Nina Ismawati. (2013). Kemandirian ditinjau dari Kreativitas Belajar dan Motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010/2011.

Noor Syam. Moh. (1983). Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: : Usaha Nasional.

Nurgiyontoro, Burhan. (2013). Penelitian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardja, Umar Tirta. La Sulo.(2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta..

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dan Teori dan Praktik. Jakarta : PT Raja.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.CV.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Utami Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Bandung : Rineka Cipta.

Yonada Dwi Kaputri. (2018). Pengaruh Emosional, Movitasi, Kreativitas dan Gaya Belajar terhadap Kemandirian Belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII dan VIII SMP Bina Mulya Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018.

Yustika Wijaya. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Kreativitas, Cara Belajar terhadap Kemandirian Belajar Melalui Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada siswa X SMA Negeri 1 Palas Tahun Pelajaran 2018/2019

Downloads

Additional Files

Published

2021-11-07

How to Cite

Safitri, V. N. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X di SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Pendidikan, 30(3), 489–498. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1856

Issue

Section

Artikel