Korelasi antara Pendidikan Nonformal Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan Hasil Belajar Membaca Surah-Surah Pendek
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2372Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ada-tidaknya korelasi antara pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Kunduran dalam membaca Surah-Surah Pendek dan menentukan kekuatan korelasi antara pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Kunduran dalam membaca Surah-Surah Pendek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Koefisien Korelasi. Obyek penelitian ini adalah peserta didik di Kelas IV SDN 1 Kunduran sebanyak tigapuluhdua anak. Variabel bebas (X) adalah pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati. Variabel terikat (Y) adalah nilai ulangan harian tentang Surah-Surah Pendek. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner dan alat evaluasi hasil belajar. Analisis data penelitian dengan Uji Korelasi Spearman rho Test (rs). Hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan nonformal peserta didik termasuk kategori cukup aktif (C), 2) Hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 82,8125 dan ketuntasan sebesar 90,625%, 3) Ada korelasi antara pendidikan nonformal dengan hasil belajar dalam membaca Surah-Surah Pendek, 4) Korelasi termasuk sangat tinggi atau kuat dengan rhitung atau rs sebesar 0,94, 5) Korelasi signifikan dengan rhitung atau rs sebesar 0,94 yang lebih besar daripada rtabel (df= 32-2 dengan sig 0,05) sebesar 0,296, 6) Korelasi termasuk sangat tinggi atau kuat dan signifikan.
Downloads
References
Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Faisal, Sanapiah. 2001. Pendidikan Non Formal di dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usaha Offset Printing.
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian denganStatistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Joesoef, Soelaman. 2002. KonsepDasar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasih, Ahmad Munjin dan Kholidah, Lilik Nur. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.
Sari, Dwi Ismaya. 2013. Pengaruh Pendidikan Nonformal terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Panca Budi 2 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Medan: Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan (UNIMED).
Sudjana, Dadang. 2001. Pendidikan Non Formal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah dan Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Falah Production.
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.