Korelasi antara Pendidikan Nonformal Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan Hasil Belajar Membaca Surah-Surah Pendek

Authors

  • sunarto sunarto

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2372

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ada-tidaknya korelasi antara pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Kunduran dalam membaca Surah-Surah Pendek dan menentukan kekuatan korelasi antara pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Kunduran dalam membaca Surah-Surah Pendek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Koefisien Korelasi. Obyek penelitian ini adalah peserta didik di Kelas IV SDN 1 Kunduran sebanyak tigapuluhdua anak. Variabel bebas (X) adalah pendidikan nonformal dalam Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati. Variabel terikat (Y) adalah nilai ulangan harian tentang Surah-Surah Pendek. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner dan alat evaluasi hasil belajar. Analisis data penelitian dengan Uji Korelasi Spearman rho Test (rs). Hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan nonformal peserta didik termasuk kategori cukup aktif (C), 2) Hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 82,8125 dan ketuntasan sebesar 90,625%, 3) Ada korelasi antara pendidikan nonformal dengan hasil belajar dalam membaca Surah-Surah Pendek, 4) Korelasi termasuk sangat tinggi atau kuat dengan rhitung atau rs sebesar 0,94, 5) Korelasi signifikan dengan rhitung atau rs sebesar 0,94 yang lebih besar daripada rtabel (df= 32-2 dengan sig 0,05) sebesar 0,296, 6) Korelasi termasuk sangat tinggi atau kuat dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Faisal, Sanapiah. 2001. Pendidikan Non Formal di dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian denganStatistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Joesoef, Soelaman. 2002. KonsepDasar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasih, Ahmad Munjin dan Kholidah, Lilik Nur. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.

Sari, Dwi Ismaya. 2013. Pengaruh Pendidikan Nonformal terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Panca Budi 2 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Medan: Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Sudjana, Dadang. 2001. Pendidikan Non Formal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah dan Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Falah Production.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

sunarto, sunarto. (2022). Korelasi antara Pendidikan Nonformal Taman Pengajian Qur’an (TPQ) dengan Metode Tilawati dengan Hasil Belajar Membaca Surah-Surah Pendek. Jurnal Pendidikan, 31(2), 175–186. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2372

Issue

Section

Artikel