Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485Abstract
Generasi muda saat ini belum sepenuhnya mampu memenuhi komponen dari karakter ideal yang dibutuhkan dalam menopang kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa di masa mendatang. Strawberry Generation merepresentasikan buah stroberi yang indah namun mudah rapuh dan hancur apabila dipijak. Kelahiran Strawberry Generation dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk pola asuh orang tua dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai keterampilan orang tua dalam mendidik anak-anak masa kini. Penggunaan metode fenomenologi sebagai upaya dalam menguraikan dan mengungkapkan bagaimana keterampilan orang tua dalam mendidik anak masa kini dan bagaimana perubahan perilaku yang terjadi sebagai akibat didikan tersebut terhadap perumpamaan istilah yang dihubungkan dengan generasi Z yaitu strawberry generation. Hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat keterampilan orang tua dalam mendidik anak yang berpotensi tumbuhnya mereka menjadi bagian dari strawberry generation, diantaranya pola asuh overprotective, pola asuh otoriter, dan pemberian apresiasi atau pujian secara berlebihan. Solusi guna meminimalisir anak menjadi Strawberry Generation diantaranya: 1) membangun mental; 2) berikan kepercayaan kepada anak untuk mengerjakan tanggung jawab yang mampu membuatnya belajar dan meng-upgrade diri, sehingga anak merasa berkontribusi dan merasa berharga; 3) melatih anak untuk mengambil keputusan; 4) selalu memahami kondisi anak.
Kata-kata Kunci: Strawberry Generation, Generasi-Z, Keterampilan Mendidik.
Downloads
References
Apriando, Fhilippo. 2021. “Pemuda Sebagai ‘Agent Of Change’ Halaman 1 - Kompasiana.Com.” Retrieved April 10, 2022 (https://www.kompasiana.com/fhilippogirsang/6127663101019005f15e5c33/pemuda-sebagai-agent-of-change).
Creswell, J.W., 2013. “Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches,” in Research design. Sage Publications Inc, California.
Dewi, Amalia, and Gumilar Eki, Tito. 2019. “Potret Remaja Kreatif Generasi?(Phi) Pengubah Indonesia.” Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 189-197.
Detikhealth. (2014). Jangan Berlebihan Beri Pujian pada Anak, Ini Dampaknya. Diakses pada 31 Mei 2022 dari https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-2567260/jangan-berlebihan-beri-pujian-pada-anak-ini-dampaknya.
Edwar, Lucky. 2022. “Maksud Strawberry Generation Dan Siapa Saja Yang Masuk Generasi Ini, Ini Penjelasannya - Ketik News.” Retrieved April 10, 2022 (https://www.ketiknews.id/life-style/pr-3012980841/maksud-strawberry-generation-dan-siapa-saja-yang-masuk-generasi-ini-ini-penjelasannya).
Febrianti, Erlina. 2020. “Pemuda Generasi Penerus, Garda Depan Perubahan Indonesia.” Retrieved April 10, 2022 (http://formadiksi.um.ac.id/pemuda-generasi-penerus-garda-depan-perubahan-indonesia/).
Juhardin, H., & Roslan, S. (2016). Dampak Pola Asuh Orang tua terhadap Perilaku Anak. Jurnal Neo Societa, 2(4).
Kasali, Renald. 2018. Strawberry Generation, Mengubah Generasi Rapuh menjadi Generasi Tangguh.
Prihatina, Ratih. 2022. “Generasi Strawberry, Generasi Kreatif Nan Rapuh Dan Peran Mereka Di Dunia Kerja Saat Ini.” Retrieved April 10, 2022 (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pekalongan/baca-artikel/14811/Generasi-Strawberry-Generasi-Kreatif-Nan-Rapuh-dan-Peran-Mereka-Di-Dunia-Kerja-Saat-Ini.html).
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.
Sinaga, Janes, Juita Lusiana Sinambela, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak-Anak Melalui Pekerjaan Rumah Tangga.” Jurnal Kadesi 4(1):139–59. doi: 10.54765/ejurnalkadesi.v4i1.24.
Susanti, Afriani. 2015. “Masalah Terbesar Pemuda Saat Ini : Okezone Edukasi.” Retrieved April 10, 2022 (https://edukasi.okezone.com/read/2015/10/27/65/1238809/masalah-terbesar-pemuda-saat-ini).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Tou, Ridwan, Ervanus. 2020. “Generasi Muda Harapan Bangsa.” Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/opini/356459/generasi-muda-harapan-bangsa).
Winahyu, Ishmah, Atikah. 2020. “Kepala Perpusnas: Pemuda Harus Siap Hadapi Persaingan Global.” Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/humaniora/359800/kepala-perpusnas-pemuda-harus-siap-hadapi-persaingan-global).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.