Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Multikultural Toleransi Terhadap Peserta Didik di SMAN Kota Payakumbuh

Authors

  • Dina Andriyani
  • Fadriati Fadriati

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanmkan nilai multikultural di SMAN kota Payakymbuh. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai multikultural terutama nilai toleransi. Dalam ajaran Islam pendidikan mutikultural ini tidak asing lagi, melainkan memang tertera jelas di dalam Al Qur’an dan Hadis Rasulullah Saw. Guru Pendidikan Islam hanya perlu menginternalisasikan ajaran multikultural dalam Al Qur’an dan Hadis serta mengintegrasikannya ke kehidupan siswa. Dengan adanya nilai multikultural terutama nilai toleransi pada peserta didik, maka peserta didik akan mampu berkehidupan sosial dan saling menghargai dan menghormati antar sesama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengambil objek di SMAN kota Payakumbuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengamatan atau observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yag dibutuhkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Situasi di SMAN kota Payakumbuh memiliki keberagaman yaitu keberagaman suku, agama, budaya, dan status sosial. 2) menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dala menanamkan nilai multikultural toleransi terhadap peserta didik di SMAN kota Payakumbuh sudah cukup baik. Ini dibuktikan dengan terciptanya keharmonisan dan kerukunan antara guru dan murid serta antara sesama siswa. Nilai multikultural yaitu nilai toleransi antar siswa yaitu mereka tidak membedakan teman, menghargai pendapat dan menghormati agama temannya serta saling tolong menolong jika temannya dalam kesusahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khikmah, N., & Sholiihun , M. (2018). Peran Guru Agama Islam dalam Menerapkan Nilai-nilai Multikultural terhadap Peserta Didik di SMPN 1 Purwodadi. Jurnal al Musabbi, volume 4 (1), 137-149.

https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1315/1121

Lantaeda, S. B., J.Lengkong, F. D., & Ruru, J. (2011). Peran Badan Perencanaan Pembangunan dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohan. Jurnal Administrasi Publik, volume 4 (48), 1-9.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/17575/17105

Mahmudah, U. (2016). Peran Guru dalam Menginternaisasi Nilai-nilai Mutikultural pada Siswa melalaui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim .

Mubit, R. (2016). Peran Agama dalam Multikulturalisme Masyarakat Indonesia. Jurnal Episteme, volume 11 (1), 163-184.

http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/epis/article/view/104

Muslikhin. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Berbasis Multikultural. At Ta'lim , volume 18 (2), 411-425.

https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3737

Poerwadarminto, W. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonsia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Supardi, I., & Sumarno. (2014). Model Pendidikan Multikultural Ramah di Sekolah Ethno-Religio Segregation. Jurnal Peneitian dan Evaluasi Pendidikan, volume 18 (2), 202-214.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/2861

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Tilaar, H. A. (2004). Multikulturalisme: tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformaasi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Raja Graafindo.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-06

How to Cite

Andriyani, D., & Fadriati, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Multikultural Toleransi Terhadap Peserta Didik di SMAN Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan, 31(2), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2581

Issue

Section

Artikel