Analisis Poster Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Afrika

Authors

  • Esa P.B.G.G. Patridina Universitas Negeri Surabaya
  • Dinar Rizky Listyaputri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan serta proses berpikir dan pertimbangan mahasiswa dalam membuat desain poster. Penelitian kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak sebelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah yang mengikuti perkuliahan Sejarah Afrika. Instrumen penelitian berupa tugas membuat poster tematik tentang kerajaan di Afrika dan wawancara untuk mengetahui proses berpikir serta pertimbangan dan pemahaman komunikasi visual mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan subjek mengaplikasikan skema Colour Theory dan Colour Harmony walaupun subjek belum mengenal teori tersebut. Hanya dua subjek yang belum mengaplikasikan skema warna Visibilitas huruf pada poster cukup jelas walaupun terdapat delapan subjek memilih warna yang tidak sesuai dengan skema poster dan terdapat dua subjek memilih jenis huruf display yang tidak sesuai dengan hierarki teks. Pemilihan gambar cukup sesuai dengan materi karena hal tersebut menjadi pertimbangan utama dalam membuat poster. Akan tetapi, terdapat satu subjek yang memilih gambar cukup vulgar, sehingga kurang sesuai bagi pembaca pada jenjang pendidikan SD sampai SMA. Secara umum subjek tidak mempertimbangkan target pembaca. Hanya satu subjek yang mempertimbangkan target pembaca, bahkan teridentifikasi menggunakan User-Centered Design.

References

Abras, C., Maloney-Krichmar, D., & Preece, J. (2004). User-Centered Design. In Encyclopedia of Human–Computer Interaction (pp. 445–456). Sage Publications, 37(4).

Adams, W. M., Goudie, A., & Orme, A. R. (1996). The physical geography of Africa. Oxford University Press.

Birren, F. (2016). Color Psychology And Color Therapy; A Factual Study Of The Influence of Color On Human Life. Hauraki Publishing. https://books.google.co.id/books?id=B6D2CwAAQBAJ

Bobek, E., & Tversky, B. (2016). Creating visual explanations improves learning. Cognitive Research: Principles and Implications, 1(1), 1–14.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–182.

Cullen, K. (2012). Design elements, typography fundamentals: A graphic style manual for understanding how typography affects design. Rockport Pub.

Cyr, D., Head, M., Larios, H., & Pan, B. (2009). Exploring human images in website design: A multi-method approach. MIS Quarterly, 539–566.

Dai, S. L. (2014). Why Should PR Professionals Embrace Infographics? University of Southern California.

Dittmar, M. (2001). Changing colour preferences with ageing: A comparative study on younger and older native Germans aged 19–90 years. Gerontology, 47(4), 219–226.

Eisenberg, H. (2014). Humans process visual data better. Thermopylae Sciences+ Technology.

Evans, P., & Thomas, M. A. (2012). Exploring the elements of design. Cengage Learning.

Gautama, N. M., Santosa, H., & Swandi, I. W. (2019). Pemanfaatan Warna Pada Poster Buku Cerita Bergambar Sejarah Pura Pulaki. Jurnal Desain, 7(1), 71–84.

GCFGlobal. (2022). What is typography? What Is Typography? https://edu.gcfglobal.org/en/beginning-graphic-design/typography/1/

Grant, A. (2013). Give and take: A revolutionary approach to success. Penguin.

Hannah, J. (2020). What Is Typography, And Why Is It Important? A Beginner’s Guide. Career Foundry. https://careerfoundry.com/en/blog/ui-design/beginners-guide-to-typography/

Haswinda, H., Sulfasyah, S., & Akib, T. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 496–507.

Hidi, S. (2001). Interest, reading, and learning: Theoretical and practical considerations. Educational Psychology Review, 13(3), 191–209.

Jordan, C. (2019). How designers do it: 15 easy steps to design an infographic from scratch. Canva. Canva. https://www.canva.com/learn/create-infographics/

Kaad, K. (2018). Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengungkap Sejarah Penyiaran Agama Buddha Dengan Media Interaktif Dalam Pembelajaran Agama Buddha Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 1050–1056.

Kamza, M., Haikal, M., Kusnafizal, T., Iswanto, S., & Kesuma, T. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Sumber Arab Melayu Berbasis Infografis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 97–115.

Kliegl, R., Smith, J., Heckhausen, J., & Baltes, P. B. (1987). Mnemonic training for the acquisition of skilled digit memory. Cognition and Instruction, 4(4), 203–223.

Nelson, D., Brownson, R., Remington, P., & Parvanta, C. (2006). Communicating public health information effectively: A guide for practitioners.

Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan, 11(1), 49–58.

Pratiwi, V. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran di Sekolah Menengah Atas Sriguna Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(2), 162–169.

Revenga, C., & Cassar, A. (2002). Freshwater trends and projections: Focus on Africa.

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Sari, V. M., Rusli, Z., & Yuliani, F. (2021). Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Kuantan Mudik 1,2,3 Kabupaten Kuantan Singingi. Journal Publicuho, 4(2), 627–635. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i2.18246

Schiefele, U. (1991). Interest, learning, and motivation. Educational Psychologist, 26(3–4), 299–323.

Sengupta, A., Halder, A., Biswas, S., Saha, S., & Dutta, T. (2020). Impact of Age on Color Choice/Preference. International Journal of Scientific Advances, 1(2).

Sensus Design Factory. (2012). Type in Context in Practice. In Design elements, typography fundamentals: A graphic style manual for understanding how typography affects design. Rockport Pub.

Shabiralyani, G., Hasan, K. S., Hamad, N., & Iqbal, N. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. Journal of Education and Practice, 6(19), 226–233.

Simanjuntak, N. A. (2020). Ketidakefektifan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemik. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nalmira/5eab8580d541df6b6d3a1b84/ketidakefektifan-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemik

Sorokowski, P., Sorokowska, A., & Witzel, C. (2014). Sex differences in color preferences transcend extreme differences in culture and ecology. Psychonomic Bulletin & Review, 21(5), 1195–1201.

Stringer, L. C. (2009). Africa: Atlas of our changing environment, united nations environment programme (UNEP). UNEP, Nairobi, 2008. ISBN: 9789280728712, xviii+ 374 pp.

Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan media pembelajaran poster berbasis teks: Studi kasus media pembelajaran poster karya mahasiswa semester 5 pendidikan bahasa indonesia UMS. Jurnal Varidika, 27(2), 208–215.

Summerfield, M. (1996). Tectonics, geology and long-term landscape development. In The physical geography of Africa (pp. 1–17). Oxford University Press.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Weingerl, P., & Javoršek, D. (2018). Theory of colour harmony and its application. Tehnički Vjesnik, 25(4), 1243–1248.

Weinschenk, S. (2011). 100 things every designer needs to know about people. Pearson Education.

Williams, R. (2014, May 2). The Importance of Infographics. Third and Grove. https://www.thirdandgrove.com/the-importance-of-infographics

Yarbrough, J. R. (2019). Infographics: In support of online visual learning. Academy of Educational Leadership Journal, 23(2), 1–15.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Patridina, E. P., & Listyaputri, D. R. (2022). Analisis Poster Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Afrika. Jurnal Pendidikan, 31(2), 207–218. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2654

Issue

Section

Artikel