MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 3-4 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA CARDBOX

Authors

  • Gracia Karen Steivy Lanie Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Lanny Wiayaningsih Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2656

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkaitan dengan anak yang memiliki kemampuan kosakata terbatas, sehingga memerlukan penggunaan media untuk meningkatkan kemampuan kosakata dalam berbicara. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana hasil proses belajar dengan menggunakan media cardbox dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak usia 3-4 tahun ?

Skripsi ini dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap tahapannya yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak PAUD di Desa Daudolu Nusa Tenggara Timur yang membuka 5 anak. Penelitian ini dilakukan bulan Januari – April 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cardboxyang dilakukan dari dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan kosakata usia 3-4 tahun di sekolah PAUD Maranatha. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada setiap aspek penelitian. Pada siklus I dilakukan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Hasil kemampuan menjadi kosakata anak pada pra siklus 45%, meningkat pada siklus 1 50% dan meningkat pada siklus 2 90%.

Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa pengetahuan kosakata anak usia 3-4 tahun dari tahap ke tahap dapat meningkat menggunakan media cardbox .

                                    

Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan Kosakata, Media Cardbox

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maghfiroh and Suryana. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai 05(01): 1561

Suryana.(2013). PendidikanAnakUsiaDini.(TeoriDanPraktikPembelajaran). Unp press penerbitpadang.

Amini and Suyadi.(2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurseto.(2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Paud, Weetebula., and Uny (2016). Kurikulum Paud dan Implementasinya dalam Pembelajaran.

Setiantono.(2012). PenggunaanMetodeBerceritaBagiAnakUsiaDiniDiPAUD.

Guslinda and Kurnia (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Suardi, Ramadhan, and Asri.(2019). Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Isna. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.

Fitria.(2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Susiani and Pudjawan.(2013). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Kelompok B TK Satya Kumara. Jurnal Pendidikan Anak.

Putri and Fitria.(2021). Pengaruh Video Pembelajaran Cerita Dan Lagu Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI).

Markus, Kusmiyati, and Sucipto.(2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal: Fonema.

Kalsum, Suryana, and Nopitasari.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Eksakta).

Rahmatia et al. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Antoro.(2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo. Jurnal: Media Manajemen Pendidikan.

Salsabila et al. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Habibatullah, Darmiyanti, and Aisyah.(2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Yulia Indah Firyati.(2016). Story Telling Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Diniі. Jurnal Pendidikan Anak PG PAUD FKIP Universitas Lampung.

Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Kanti, S. ( 2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Penggunaan Media Kartu Angka Bagi Peserta Didik Kelompok A TK Islam Permata. Semarang: IKIP

Permendikbud, Nomor 137 Tahun 2014. StandarNasional Pendidikan Anak Usia Dini. Permendikbud, Nomor 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Reni, S. W., (2020). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Al Azkia Kelurahan Purwanegara (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sudarmiyanti, A., Nasirun, N., & Saparahayuningsih, S. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Alam (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Alfiana Rizky dkk. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jambi:Unja

Inten, DN. 2018. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Amini, Nur, and Suyadi Suyadi. 2020. “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini.” PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9(2): 119–29.

Antoro, Eko Budi. 2020. “Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kulon Progo.” Media Manajemen Pendidikan 3(2): 264.

Aprinawati, Iis. 2017. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 72.

Fitria, Ayu. 2018. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 57–62.

Guslinda, and Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Media Pembelajaran Anak Usia Dini. j.

Habibatullah, Salwa, Astuti Darmiyanti, and Dewi Siti Aisyah. 2021. “Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(02): 1–7.

Isna, Aisyah. 2019. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Al-Athfal 2(2): 62–69.

Kalsum, Thoibah Umi, Eko Suryana, and Venny Nopitasari. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih.” Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Eksakta) 1(1): 19–35.

Kanak-kanak, Taman. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Dayak.” 2(2): 85–95.

Maghfiroh, Shofia, and Dadan Suryana. 2021. “Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 05(01): 1561.

Markus, Nengsih, Kusmiyati Kusmiyati, and Sucipto Sucipto. 2018. “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun.” Fonema 4(2): 102–15.

Nurseto, Tejo. 2012. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8(1): 19–35.

Putri, Winda Dwi, and Nila Fitria. 2021. “Pengaruh Video Pembelajaran Cerita Dan Lagu Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 2(2): 102.

Rahmatia, Rahmatia et al. 2021. “Pengembangan Model Bermain Konstruktif Dengan Media Balok Untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1): 47–57.

Salsabila, Aqila Tsabita et al. 2021. “Pengaruh Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 10(2): 164–71.

Setiantono, Try. 2012. “Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung.” Jurnal EMPOWERMENT 1(2): 18–23.

Suardi, Indah Permatasari, Syahrul Ramadhan, and Yasnur Asri. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 265.

Suryana, D. 2013. “Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran).” Unp press penerbit UNP press padang: 21–22.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Lanie, G. K. S., & Wiayaningsih, L. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 3-4 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA CARDBOX. Jurnal Pendidikan, 31(2), 219–228. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2656

Issue

Section

Artikel