Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an Dan Hadis Pada Tema 5 Pengalamanku kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Ratnawati Ratnawati
  • Ikelis Safitri
  • Moh Rosyid Mahmudi Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2673

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik kelas II di SD IP 02 Koto Salak, di SD IP menggunakan buku tematik untuk proses belajar mengajar. Dan buku yang digunakan peserta didik belum ada materi tentang al-qur’an dan hadis, SD IP membutuhkan pembelajaran yang mengintegrasikan al-qur’an dan hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (four D) yang terdiri dari: (1) Define (pendefenisian), (2) Design (perancangan, (3) Develop (pengembangan), dan (4) Desseminate (penyebaran), penyebaran dilakukan di SD IP 02 Koto Salak. Hasil penelitian ini dari penilaian validasi Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadis Pada Tema 5 Pengalamanku pada uji validasi ahli mempunyai skor rata-rata 79,80% termasuk kategori valid, dinyatakan valid yaitu kesahihan modul dari aspek Bahasa, isi, konstruk, penyajian, dan kegrafisan dari suatu modul sehingga modul tersebut layak digunakan. Uji pratikalitas dengan skor 86,31% dikategorikan sangat praktis, dinyatakan sangat praktis yaitu tingkat kepraktisan dan kemudahan modul yang digunakan tersebut sehingga tidak memakan waktu yang lebih cepat atau lambat dari waktu yang ditentukan. Sedangkan hasil efektifitas Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an Dan Hadis Pada Tema 5 Pengalamanku dengan skor 82,60% dikategorikan sangat efektif, dinyatakan sangat efektif yaitu mampu membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil dari uji validitas, uji pratikalitas, dan uji efektifitas pada Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadis layak digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

References

Aprida Pane, M. D. (2017). Belajar Dan pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2 desember 2017.

Cut Marlini, R. (2019). pratikalitas penggunaan media pembelajaran membaca permulaan berbasis Macromedia flash. jurnal tunas bangsa vol. 6, no. 2, agustus 2019.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dr. Ahdar Djamaludin, S. S. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Yogyakarta: CV Kaaffah Learning Center Sulawesi Selatan.

Fadli Surahman, A. K. (2020). pengembangan modul tematik tema indahnya keberagaman dinegeriku untuk siswa KELAS IV SD NEGERI 002 TEBING. Jurnal Pendidikan MINDA Vol. 2 No. 1 Oktober 2O20.

Fatimah, S. d. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Sekolah Tinggi IlmuPendidikan Dan KeguruanYPUP Makassar.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahamn konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagi mahasiswa pendidikan seni. jurnal pendidikan dan kajian seni, Vol.1, No 1, April 2016 : 16-28.

Gary Jonathan, D. L. (2017). efektifitas penggunaan dana desa dalam peningkatan pembangunan. EKSEKUTIF jurnal jurusan ilmu pemerintah volume 2 nomor 2 tahun 2017 Fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Sam Ratulangi.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal kajian keislaman Volume 4 No. 2 ISSN: 2407-053X.

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar : Antara Retorika Dan Aplikasi. E-Tech Vol 08 No 01 2020 ISSN: Print 2541-3600- online2621-7759 .

Ismu Fatikhah, N. I. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient Pada Pokok Bahasan Himpunan. EduMa Vol. 4 No. 2 Desember 2015 ISSN 2086-3918.

J Syahfitri, H. F. (2020). P-issn 2620-861x e-issn 2620-8628. 1-11.

Jannah, R. (2016). Pengembangan bahan ajar tematik bernuansa islami untuk madrasah ibtidiyah/sekolah dasar islam. jurnal madrasah ibtidaiyah.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII . Jurnal Media Infotama Vol.15 No. 2, September 2019.

Lestari, I. P. (2017). skripsi pengembangan buku ajar tematik berbasis integrasi islam tema 9 subtema usaha pelestarian lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Sunan Ampel Krembung Sidoarjo.

Martianingtiyas, E. D. (2019). research and development (R&D): Inovasi Produk dalam pembelajaran.

Mauizdati, N. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Perspektif Sekolahnya Manusia Dari Munif Chatib. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 3 No 2, P-2655-710X e-ISSN 2655-6022.

Nafi’atus Sholihah, I. K. (2018). Pengembangan Modul IPA Terintegrasi Dengan Ayat Al qur’an Dan Hadis. LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 21 NO. 1 JUNI 2018: 12-22.

Otang Kurniaman, E. N. (2017). penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. jurnal primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol 6. No 2. oktober 2017. ISSN: 2303-1514.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2013). pengembangan bahan ajar tematik. yogyakarta: Diva Press.

Qiftiyah, M. (2018). skripsi pengembangan modul pembelajaran tematik pada tema peristiwa dalam kehidupan terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Qur’an kelas V MI/SD.

Rafika Indra Julia, N. D. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1 Tahun 2022 p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071 .

Rasikh, A. (2019). Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah : studi multisitus pada MIN Model Sesela Dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib. jurnal penelitian keislaman vol. 15 no 1(2019).

Rency Riwanti, A. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 Halaman 572- 581.

Shinta Kurnia Dewi, A. S. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. prosiding seminar nasional keperawatan universitas muhammadiyah Surakarta E-ISSN : 2715-616X.

Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: penerbit alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Tegar Pambudhi, T. H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integrasi Berkarakter Nasionalisme Kelas IV Sekolah Dasar Banyumas. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017.

Winarti, E. W. (2018). Teori dan praktek penelitian kuantitaif kualitatif PTK dan R&D (R. A. Kusumaningtyas (ed)). Jakarta bumi aksara.

yanti, Y. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Dengan Ayat-ayat Al-qur'an Maratul Qiftiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 Volume 5 Nomor 2, Desember 2018.

Yudi Candra Hermawan, W. I. (2020). konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan islam. jurnal MUDARRISUNA Vol.10 No.1 Januari-maret 2020.

Yulianti, N. T. (2020). Pengembangan Modul Tematik Berbasis 4C Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Kelas 3 Subtema 3. p-ISSN 2338-980XElementary School 7 (2020) 273-280 e-ISSN 2502-4264 Volume 7 nomor 2 Juli 2020.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Ratnawati, R., Safitri, I., & Mahmudi, M. R. (2022). Modul Tematik Terintegrasi Al-Qur’an Dan Hadis Pada Tema 5 Pengalamanku kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 31(2), 257–264. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2673

Issue

Section

Artikel