Wacana “Cinta Diri Sendiri” Sebagai Bentuk Advokasi Anak Dan Remaja Terdampak Kekerasan (Analisis Wacana Kritis Pada Teks Pidato Kim Nam Jun BTS Di Majelis Umum PBB)

Authors

  • Azzura Nayla Amany Universitas Telkom, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2779

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membongkar suatu praktik kekuasan yang terkandung dalam teks pidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma kritis sebagai pandangan analisis wacana, sehingga kita bisa melihat bahwa bahasa selalu terlibat kedalam suatu hubungan kekuasaan. Sumber Primer dalam penelitian ini bersumber dari teks pidato Kim Nam Jun yang berjumlah 712 kata, sedangkan data sekunder berupa literatur yang relevan dengan penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 2 teori, yaitu teori Soft Power oleh Joseph Nye, dan Analisis wacana krits model Teun A. Van Dijk yang digunakan untuk mengungkapkan bagaimana sebuah praktik kekuasaan terkandung dalam subjek penelitian ini. Hasil penelitian didapatkan bahwa teks pidato Kim Nam Jun mengandung unsur-unsur dimensi wacana yang dikriteriakan Van Dijk yaitu Analisis Teks, Kognisi sosial, dan konteks sosial. Lebih dalam lagi, Van Dijk mengungkapkan bahwa sebelumnya kita harus paham bahwa pidato adalah salah satu konstrsukti praktik kekuasaan. Dalam penelitian ini pidato Kim Nam Jun adalah sebuah konstruksi dari adanya agenda Gen-U di Majelis Umum PBB. Bentuk kekuasaan menurut Van Dijk dibagi menjadi 2, Kontrol teks, kontrol konteks dan kontrol fikiran. Kontrol teks diselipkan maksud eksplisit yang mengacu pada pemberian simpati kepada pendengar, kata ganti “saya” dan “kami” yang mengimplisitkan pihak yang berkuasa dalam wacana, pemakaian leksikon berupa majas, dan penggunaan metafora berupa kutipan lirik lagu BTS sebagi ornamen teks. Selanjutnya, konteks dibuktikan dengan adanya power yang dimiliki PBB sebagai pemegang dominasi terbesar dalam agenda Gen-U dan acces kedalam wacana yang dipegang oleh Kim Nam Jun BTS. Bentuk kontrol fikiran dalam pidato ini yaitu serangkaian rencana yang ditujukan kepada anak muda oleh PBB bersama organisasi lainnya sebagai otoritas kredibel yang dipercaya dan kredibel oleh anak muda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1.Adanya kepentingan tujuan GenU yang dibangun didalam wacana tersebut 2.Adanya pengendalian kontrol konteks dan teks, 3.Adanya kontrol pikiran dalam wacana teks Pidato yang dibentuk PBB, UNICEF, Generation Unlimited, BTS sebagai otoritas  yang dianggap mempunyai kredibilitas terhadap kaum muda.

References

Ananda, R. (2020). Peranan Kpop Idol BTS (BANGTAN BOYS) dalam Program Generation Unllimited. 7, 1–15.

Aswadi. (2018). Mengulik Akar Kritis dalam Analisis Wacana Kritis dan Implementasinya Terhadap Teks Berita. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 176–188. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/download/3214/pdf

Budiawan, Irwantono, B., Candraningrum, D., Faruk, Budiman, K., Subagyo, P., Wahyono, S. (2018). Hamparan Wacana. (Wening Udasmoro, Ed.) Yogyakarta: Penerbit Ombak.

BIGHIT MUSIC/HYBE. (2021). Journey of Love Myself. Dipetik Maret 21, 2022, dari https://www.love-myself.org/eng/journey-of-love-myself/

CNBC Indonesia. (2022). Bikin Army Bangga, Ini Sederet Prestasi BTS di Kancah Global. Indonesia: A Transmedia Company. Dipetik Juli 3, 2022, dari https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220418130826-33-332440/bikin-army-bangga-ini-sederet-prestasi-bts-di-kancah global#:~:text=Grammy%20Awards&text=Pada%202021%2C%20BTS%20berhasil%20membawa,Group%20Performance%20untuk%20lagu%20'Dynamite.

CNN Indonesia. (2021, Juli 30). BTS Raja di Twitter, Diikuti NCT dan BLACKPINK. Retrieved Maret 21, 2022 from https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/hiburan/20210730140453-220-674319/bts-raja-di-twitter-diikuti-nct-dan-blackpink/amp

Dijk, T. V. (1996). Discourse, Power, and Acces. Dalam C.R Caldas Coulthard dan M. Coultharsd. eds. London: Routledge. Retrieved Juli 27, 2022

Dijk, T. V. (1997). In Discourse as Interaction in Society (Vol. 2). London: Sage Publication. Retrieved Juli 21, 2022

Generation Unlimited. (n.d.). Reimagining Education: Preparing the Next Generation with Skills for the Future. Retrieved from https://www.generationunlimited.org/stories/reimagining-education-preparing-next-generation-skills-future.

Generation Unlimited. (2022, Januari 25). "We've learned to turn our ideas into real projects". How UNICEF Kazakhstan helps adolescents choose their future profession. From https://www.generationunlimited.org/stories/weve-learned-turn-our-ideas-real-projects

Generation Unlimited. (2022, Januari 6). Connecting Uzbek schools to the internet and students to information. From Connecting Uzbek schools to the internet and students to information.

Generation Unlimited. (2022). Who We Are. Retrieved Juli 27, 2022 from https://www.generationunlimited.org/who-we-are

Generation Unlimited. (2022, April 4). With 23 countries yet to fully reopen schools, education risks becoming ‘greatest divider’ as COVID-19 pandemic enters third year, says UNICEF. Number of children dropping out of school poised to increase, emerging evidence shows. From https://www.generationunlimited.org/press-releases/23-countries-yet-fully-reopen-schools-education-risks-becoming-greatest-divider

Ghazwani, S. A. (2019). Fanatisme Fandom A.R.M.Y. (Adorable Representative M.C. For Youth) Terhadap Boyband Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan (BTS) Di Surabaya. Ilmu Politik Dan Komunikasi, 4, 2.

Hasanah, U., Alek, A., & Hidayat, D. N. (2019). A Critical Discourse Analysis of Kim Namjoon’s (RM’S) Speech. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(2), 16–26. https://doi.org/10.34128/jht.v5i2.60

Haryatmoko. (2016). Critical Discourse Analysis Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan. Jakarta: PT RajaGrafindo.

IDN TIMES. (2020, Juli 9). 14 Quotes yang Membuktikan BTS Sangat Sayang pada ARMY. (M. Nunung, Editor) Retrieved Juli 27, 2022, from https://www.idntimes.com/hype/entertainment/muna-waroh/14-quotes-yang-membuktikan-bahwa-bts-sangat-sayang-kepada-army-c1c2

Kompas.com. (2021). Sejarah Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 24 Oktober 1945. PT. Kompas Cyber Media. Retrieved Juli 2, 2022 from https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/24/110500865/sejarah-berdirinya-perserikatan-bangsa-bangsa-pbb-24-oktober-1945?page=all

Kompas.com. (2021, 6 13). Mengapa BTS Bisa Sangat Terkenal? Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/13/090400365/mengapa-bts-bisa-sangat-terkenal-?page=all

Mayr, & Andrea. (2008). Language and Power: An Introduction to InstitutionalDiscourse . London and Newyork: Continuuum.

Natadirja, B. M., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2020). Representasi Peristiwa Pidato Joko Widodo Pada Media kompas.com “Politikus Sontoloyo”: Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 225–241. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3744

Nisa, L. C. (2021). A Discourse Analysis of Kim Namjoon Speech at United Nation Faculty of Social Science and Humanities.

Kadim, E. N. (2022). A critical discourse analysis of Trump’s election campaign speeches. Heliyon, 8(4), e09256. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09256

Paramita, S. J. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi, 2(2), 393. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3915

Rahmawati, R., & Suprijadi, D. (2021). The Mood Types Analysis In Script of RM ’ s Speech. 4(4), 574–580.

Ratnanigsih, D. (2019). Analisis Wacana Kritis, Sebuah Teori dan Implementasi.

Sendow, B. E. D., Mamentu, M., Rengkung, F. R. D., Studi, P., Politik, I., Pemerintahan, J. I., Sosial, F. I., & Ratulangi, U. S. (2019). Korean Wave Sebagai Instrumen Soft Power Diplomasi Kebudayaan Korean Selatan Di Indonesia. Jurnal Politico, 7(4).

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Yoce, D. (2009). Analisis Wacana Kritis. 103.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Amany, A. N. (2022). Wacana “Cinta Diri Sendiri” Sebagai Bentuk Advokasi Anak Dan Remaja Terdampak Kekerasan (Analisis Wacana Kritis Pada Teks Pidato Kim Nam Jun BTS Di Majelis Umum PBB). Jurnal Pendidikan, 31(3), 291–306. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2779

Issue

Section

Artikel