Wacana “Cinta Diri Sendiri” Sebagai Bentuk Advokasi Anak Dan Remaja Terdampak Kekerasan (Analisis Wacana Kritis Pada Teks Pidato Kim Nam Jun BTS Di Majelis Umum PBB)
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2779Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membongkar suatu praktik kekuasan yang terkandung dalam teks pidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma kritis sebagai pandangan analisis wacana, sehingga kita bisa melihat bahwa bahasa selalu terlibat kedalam suatu hubungan kekuasaan. Sumber Primer dalam penelitian ini bersumber dari teks pidato Kim Nam Jun yang berjumlah 712 kata, sedangkan data sekunder berupa literatur yang relevan dengan penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 2 teori, yaitu teori Soft Power oleh Joseph Nye, dan Analisis wacana krits model Teun A. Van Dijk yang digunakan untuk mengungkapkan bagaimana sebuah praktik kekuasaan terkandung dalam subjek penelitian ini. Hasil penelitian didapatkan bahwa teks pidato Kim Nam Jun mengandung unsur-unsur dimensi wacana yang dikriteriakan Van Dijk yaitu Analisis Teks, Kognisi sosial, dan konteks sosial. Lebih dalam lagi, Van Dijk mengungkapkan bahwa sebelumnya kita harus paham bahwa pidato adalah salah satu konstrsukti praktik kekuasaan. Dalam penelitian ini pidato Kim Nam Jun adalah sebuah konstruksi dari adanya agenda Gen-U di Majelis Umum PBB. Bentuk kekuasaan menurut Van Dijk dibagi menjadi 2, Kontrol teks, kontrol konteks dan kontrol fikiran. Kontrol teks diselipkan maksud eksplisit yang mengacu pada pemberian simpati kepada pendengar, kata ganti “saya” dan “kami” yang mengimplisitkan pihak yang berkuasa dalam wacana, pemakaian leksikon berupa majas, dan penggunaan metafora berupa kutipan lirik lagu BTS sebagi ornamen teks. Selanjutnya, konteks dibuktikan dengan adanya power yang dimiliki PBB sebagai pemegang dominasi terbesar dalam agenda Gen-U dan acces kedalam wacana yang dipegang oleh Kim Nam Jun BTS. Bentuk kontrol fikiran dalam pidato ini yaitu serangkaian rencana yang ditujukan kepada anak muda oleh PBB bersama organisasi lainnya sebagai otoritas kredibel yang dipercaya dan kredibel oleh anak muda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1.Adanya kepentingan tujuan GenU yang dibangun didalam wacana tersebut 2.Adanya pengendalian kontrol konteks dan teks, 3.Adanya kontrol pikiran dalam wacana teks Pidato yang dibentuk PBB, UNICEF, Generation Unlimited, BTS sebagai otoritas yang dianggap mempunyai kredibilitas terhadap kaum muda.
Downloads
References
Ananda, R. (2020). Peranan Kpop Idol BTS (BANGTAN BOYS) dalam Program Generation Unllimited. 7, 1–15.
Aswadi. (2018). Mengulik Akar Kritis dalam Analisis Wacana Kritis dan Implementasinya Terhadap Teks Berita. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 176–188. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/download/3214/pdf
Budiawan, Irwantono, B., Candraningrum, D., Faruk, Budiman, K., Subagyo, P., Wahyono, S. (2018). Hamparan Wacana. (Wening Udasmoro, Ed.) Yogyakarta: Penerbit Ombak.
BIGHIT MUSIC/HYBE. (2021). Journey of Love Myself. Dipetik Maret 21, 2022, dari https://www.love-myself.org/eng/journey-of-love-myself/
CNBC Indonesia. (2022). Bikin Army Bangga, Ini Sederet Prestasi BTS di Kancah Global. Indonesia: A Transmedia Company. Dipetik Juli 3, 2022, dari https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220418130826-33-332440/bikin-army-bangga-ini-sederet-prestasi-bts-di-kancah global#:~:text=Grammy%20Awards&text=Pada%202021%2C%20BTS%20berhasil%20membawa,Group%20Performance%20untuk%20lagu%20'Dynamite.
CNN Indonesia. (2021, Juli 30). BTS Raja di Twitter, Diikuti NCT dan BLACKPINK. Retrieved Maret 21, 2022 from https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/hiburan/20210730140453-220-674319/bts-raja-di-twitter-diikuti-nct-dan-blackpink/amp
Dijk, T. V. (1996). Discourse, Power, and Acces. Dalam C.R Caldas Coulthard dan M. Coultharsd. eds. London: Routledge. Retrieved Juli 27, 2022
Dijk, T. V. (1997). In Discourse as Interaction in Society (Vol. 2). London: Sage Publication. Retrieved Juli 21, 2022
Generation Unlimited. (n.d.). Reimagining Education: Preparing the Next Generation with Skills for the Future. Retrieved from https://www.generationunlimited.org/stories/reimagining-education-preparing-next-generation-skills-future.
Generation Unlimited. (2022, Januari 25). "We've learned to turn our ideas into real projects". How UNICEF Kazakhstan helps adolescents choose their future profession. From https://www.generationunlimited.org/stories/weve-learned-turn-our-ideas-real-projects
Generation Unlimited. (2022, Januari 6). Connecting Uzbek schools to the internet and students to information. From Connecting Uzbek schools to the internet and students to information.
Generation Unlimited. (2022). Who We Are. Retrieved Juli 27, 2022 from https://www.generationunlimited.org/who-we-are
Generation Unlimited. (2022, April 4). With 23 countries yet to fully reopen schools, education risks becoming ‘greatest divider’ as COVID-19 pandemic enters third year, says UNICEF. Number of children dropping out of school poised to increase, emerging evidence shows. From https://www.generationunlimited.org/press-releases/23-countries-yet-fully-reopen-schools-education-risks-becoming-greatest-divider
Ghazwani, S. A. (2019). Fanatisme Fandom A.R.M.Y. (Adorable Representative M.C. For Youth) Terhadap Boyband Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan (BTS) Di Surabaya. Ilmu Politik Dan Komunikasi, 4, 2.
Hasanah, U., Alek, A., & Hidayat, D. N. (2019). A Critical Discourse Analysis of Kim Namjoon’s (RM’S) Speech. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(2), 16–26. https://doi.org/10.34128/jht.v5i2.60
Haryatmoko. (2016). Critical Discourse Analysis Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan. Jakarta: PT RajaGrafindo.
IDN TIMES. (2020, Juli 9). 14 Quotes yang Membuktikan BTS Sangat Sayang pada ARMY. (M. Nunung, Editor) Retrieved Juli 27, 2022, from https://www.idntimes.com/hype/entertainment/muna-waroh/14-quotes-yang-membuktikan-bahwa-bts-sangat-sayang-kepada-army-c1c2
Kompas.com. (2021). Sejarah Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 24 Oktober 1945. PT. Kompas Cyber Media. Retrieved Juli 2, 2022 from https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/24/110500865/sejarah-berdirinya-perserikatan-bangsa-bangsa-pbb-24-oktober-1945?page=all
Kompas.com. (2021, 6 13). Mengapa BTS Bisa Sangat Terkenal? Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/13/090400365/mengapa-bts-bisa-sangat-terkenal-?page=all
Mayr, & Andrea. (2008). Language and Power: An Introduction to InstitutionalDiscourse . London and Newyork: Continuuum.
Natadirja, B. M., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2020). Representasi Peristiwa Pidato Joko Widodo Pada Media kompas.com “Politikus Sontoloyo”: Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 225–241. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3744
Nisa, L. C. (2021). A Discourse Analysis of Kim Namjoon Speech at United Nation Faculty of Social Science and Humanities.
Kadim, E. N. (2022). A critical discourse analysis of Trump’s election campaign speeches. Heliyon, 8(4), e09256. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09256
Paramita, S. J. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi, 2(2), 393. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3915
Rahmawati, R., & Suprijadi, D. (2021). The Mood Types Analysis In Script of RM ’ s Speech. 4(4), 574–580.
Ratnanigsih, D. (2019). Analisis Wacana Kritis, Sebuah Teori dan Implementasi.
Sendow, B. E. D., Mamentu, M., Rengkung, F. R. D., Studi, P., Politik, I., Pemerintahan, J. I., Sosial, F. I., & Ratulangi, U. S. (2019). Korean Wave Sebagai Instrumen Soft Power Diplomasi Kebudayaan Korean Selatan Di Indonesia. Jurnal Politico, 7(4).
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Yoce, D. (2009). Analisis Wacana Kritis. 103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.