Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Maria Veni Wijayanti PPG FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Mawardi Mawardi PPG FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2839

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas 2 siklus dengan setiap siklus melaksanakan 6 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan mendapatkan hasil nilai rata-rata siswa pra siklus sebesar 63,50 meningkat menjadi 67, 00 pada siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat 71,42. Persentase siswa yang memenuhi KKM pada pra siklus sebesar 58,33% atau 5 dari 12 siswa. Pada siklus I, persentase siswa yang memenuhi KKM sebesar 66,67% atau 8 dari 12 siswa. Pada siklus II, persentase siswa yang memenuhi KKM kembali meningkat menjadi 83,33% atau 10 dari 12 siswa. Terdapat 2 siswa yang nilainya belum memenuhi KKM hal tersebut dipengaruhi oleh faktor kecerdasan dan sikap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diambil disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan implikasi penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal tersebut ditunjukan oleh peningkatan hasil belajar yaitu siswa yang mencapai nilai KKM >65 mencapai 83,33%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ghofur, A., & Youhanita, E. 2020. Interactive Media Development to Improve Student Motivation. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1). https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2026

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hanifah, Nurdinah. (2014). Memahamai Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.

Hayati. M. dkk. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota NAJMI. Jurnal: Al-hikmah, 14(2), hlm. 160- 180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Lina Novita., Elly Sukmanasa., & Mahesa yudistira Pratama. Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian journal of Primary Education, 3(2), 64-72. Repository UNPAK.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Wijayanti, M. V., & Mawardi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 31(3), 317–322. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2839

Issue

Section

Artikel