Analisis Deskriptif Perbandingan Hasil Belajar Model Luring dengan Model BDR Sebelum dan Saat Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2868Abstract
Pandemi COVID-19 merupakan sebuah virus yang pemerintah menetapkan sistem partial lockdown, yakni dengan menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan juga PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga berdampak pada semua sektor termasuk sektor Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat perbandingan hasil belajar dari model luring dengan Model belajar dari rumah sebelum dan saat pandemi di SMP Negeri 2, Amanuban Barat. Pada penelitian ini Peneliti menggunakan jenis pendekatan Kuantitatif Komparatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 2, Amanuban Barat yang berjumlah 35 siswa. Dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji paired sample t test mendapatkan perbedaan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana < 0,05 Dari hasil penelitian pada mata pelajaran PJOK yang diterapkan secara Luring dan BDR ditemukan hasil penerapan Model Luring lebih tinggi dibandingkan Model BDR pada mata pelajaran PJOK.Downloads
References
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
ASTUTI, D. P. (2022). PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN LURING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 52 KOTA BENGKULU. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Candra, F. A. (2020). Penerapan Metode Daring , Luring Dan Home Visit Di Kelas V UPT SPF SDN 106828 Sumberjo Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 1–13.
Cover, J. (2020). Table Of Content Article information ............................................ Rechtsidee. 7, 1–15. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1595
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799
Kariyani, L. N. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) Oleh Pemerintah Bagi Pelaku Pendidikan di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 101–105. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4680
Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Nomor 2 Tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Ministry of Education and Culture, 1–4.
Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, 33, 1–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015
Muryati, R. (2021). Proses Pembelajaran Daring/Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jamb. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Nasional, U. (2020). C. d. 0.0075 300. 300.
Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.
RAHMADANA. (2021). PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN LURING KELAS XI SMA NEGERI 4 SOPPENG. 3(March), 6.
Roshonah, A. F., & Dwitami, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Al-Manar, 10(1), 91–102. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.255
Salsabila, W. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Agama Islam di SMP IT Insan Madani 8 Jurang Mangu Tangerang Selatan. 3(March), 6.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.