Analisis Deskriptif Perbandingan Hasil Belajar Model Luring dengan Model BDR Sebelum dan Saat Pandemi

Authors

  • Marlens Albert Nenobais Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Risal Efendi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2868

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan sebuah virus yang pemerintah menetapkan sistem partial lockdown, yakni dengan menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan juga PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga berdampak pada semua sektor termasuk sektor Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat perbandingan hasil belajar dari model luring dengan Model belajar dari rumah sebelum dan saat pandemi di SMP Negeri 2, Amanuban Barat. Pada penelitian ini Peneliti menggunakan jenis pendekatan Kuantitatif Komparatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 2, Amanuban Barat yang berjumlah 35 siswa. Dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji paired sample t test mendapatkan perbedaan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana < 0,05 Dari hasil penelitian pada mata pelajaran PJOK yang diterapkan secara Luring dan BDR ditemukan hasil penerapan Model Luring lebih tinggi dibandingkan Model BDR pada mata pelajaran PJOK.  

References

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

ASTUTI, D. P. (2022). PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN LURING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 52 KOTA BENGKULU. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Candra, F. A. (2020). Penerapan Metode Daring , Luring Dan Home Visit Di Kelas V UPT SPF SDN 106828 Sumberjo Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 1–13.

Cover, J. (2020). Table Of Content Article information ............................................ Rechtsidee. 7, 1–15. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1595

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799

Kariyani, L. N. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) Oleh Pemerintah Bagi Pelaku Pendidikan di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 101–105. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4680

Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Nomor 2 Tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Ministry of Education and Culture, 1–4.

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, 33, 1–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015

Muryati, R. (2021). Proses Pembelajaran Daring/Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jamb. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Nasional, U. (2020). C. d. 0.0075 300. 300.

Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

RAHMADANA. (2021). PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN LURING KELAS XI SMA NEGERI 4 SOPPENG. 3(March), 6.

Roshonah, A. F., & Dwitami, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Al-Manar, 10(1), 91–102. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.255

Salsabila, W. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Agama Islam di SMP IT Insan Madani 8 Jurang Mangu Tangerang Selatan. 3(March), 6.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Nenobais, M. A., & Efendi, R. (2022). Analisis Deskriptif Perbandingan Hasil Belajar Model Luring dengan Model BDR Sebelum dan Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan, 31(3), 361–370. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2868

Issue

Section

Artikel