Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Tematik Diupayakan Melalui Pendekatan Berbasis Masalah

Authors

  • Fajar Alin Verianita Universitas Kristen Satya Wacana
  • Naniek Sulistya Wardani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali ketrampilan berpikir kritis terhadap pendekatan berbasis masalah dalam Pendidikan tematik. Subjek riset ini merupakan siswa kelas IV SD semester genap yang berjumlah 23 partisipan didik. metode pengumpulan informasi memakai observasi. Instrumentt riset memakai lembar observasi. Metode analisis informasi merupakan metode deskriptif komparatif. Hasil dari riset melaporkan ada kenaikan ketrampilan berpikir kritis partisipan didik kelas IV dalam Pendidikan tematik yang lewat pendekatan berbasis maslaah. Kenaikan rata-rata berpikir kritis partisipan sisik pada siklus I serta II bertambah sebesar 3,87%. Rata-rata berpikir kritis partisipan didik pada siklus I awal mulanya terletak pada angka 78,86%, setelah itu meningkat jadi 80,73% di siklus II. Kenaikan kahlian berpikir kritis partisipan didik kelas IV dalam Pendidikan tematik lewat pendekatan berbasis masalah dengan Langkah-langkah: 1) Orientasi siswa pada masalah, 2) Mengorganisasikan kedalam kelompok untuk siswa belajar, 3) Membimbing penyelidikan individual maupunkelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

References

Anugraheni, indri. 2018. Meta analisis model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir di sekolah dasar. A journal of language, literature, culture, and education polyglot. 14(1), 15.

Ariani, r.f. 2020. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sd pada muatan ipa. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran. 4 (3), 431.

Arikunto, s., suhardjono, & supardi. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: pt. Bumi aksara.

Asrori, dkk. 2009. “penelitian tindakan kelas (peningkatan kompetensi profesional guru). Yogyakarta: multi pressindo.

Azizah, m., joko, s., nyai, c. 2018. Analisis ketrampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Vol 35 (1).

Darsani, luh. 2019. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Vol 2 (3). 378.

Departemen pendidikan nasional. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: dharma bhakti.

Hartini, A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL . ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6-16.

Hartini, A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL . ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6-16.

Helmon, Arnoldus. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 2(1), 50.

Hermita, dkk. 2013. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD N 99 Pekanbaru. Vol 2 (2). 54. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2819/2760

Hidayani, M. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013. At-Ta'lim, 150-165.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI . Jurnal Pendidikan Biologi , 9- 21.

Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.

Nafiah, Y N., Suyanto, W. (2019). Penerapan Model Problem-Based-Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. 125.

Palestina, dkk. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Vol 2 (1). 70-71. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/237/0

Rusman.2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo persada.

Saputri, 2017. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Yogyakarta

Saputro, O.A., & Rahayu, T.S. 2020. Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1), 187.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di . Jurnal Pendidikan, 1572-1582.

Sihotang, Kasdin dkk. 2012. “Critical Thinking Membangun Pemikiran Logis” Jakarta: PT Puataka Sinar Harapan

Slameto. 2017. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. 2014. Penelitian dan penilaian pendidikan.Bandung.Sinar Baru Algensido Bandung.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) . JURNAL PESONA DASAR, 41-54.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Tamarli. (2017). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM. Jurnal Serambi Ilmu, 33-39.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN . Edcomtech, 129-136.

Wulandari, A., & Suparno. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap kemampuan Karakter kerjasama Anak usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 862-872.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Verianita, F. A., & Wardani, N. S. (2022). Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Tematik Diupayakan Melalui Pendekatan Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 31(3), 371–380. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2877

Issue

Section

Artikel