Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Tematik Diupayakan Melalui Pendekatan Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2877Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengenali ketrampilan berpikir kritis terhadap pendekatan berbasis masalah dalam Pendidikan tematik. Subjek riset ini merupakan siswa kelas IV SD semester genap yang berjumlah 23 partisipan didik. metode pengumpulan informasi memakai observasi. Instrumentt riset memakai lembar observasi. Metode analisis informasi merupakan metode deskriptif komparatif. Hasil dari riset melaporkan ada kenaikan ketrampilan berpikir kritis partisipan didik kelas IV dalam Pendidikan tematik yang lewat pendekatan berbasis maslaah. Kenaikan rata-rata berpikir kritis partisipan sisik pada siklus I serta II bertambah sebesar 3,87%. Rata-rata berpikir kritis partisipan didik pada siklus I awal mulanya terletak pada angka 78,86%, setelah itu meningkat jadi 80,73% di siklus II. Kenaikan kahlian berpikir kritis partisipan didik kelas IV dalam Pendidikan tematik lewat pendekatan berbasis masalah dengan Langkah-langkah: 1) Orientasi siswa pada masalah, 2) Mengorganisasikan kedalam kelompok untuk siswa belajar, 3) Membimbing penyelidikan individual maupunkelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Downloads
References
Anugraheni, indri. 2018. Meta analisis model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir di sekolah dasar. A journal of language, literature, culture, and education polyglot. 14(1), 15.
Ariani, r.f. 2020. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sd pada muatan ipa. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran. 4 (3), 431.
Arikunto, s., suhardjono, & supardi. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: pt. Bumi aksara.
Asrori, dkk. 2009. “penelitian tindakan kelas (peningkatan kompetensi profesional guru). Yogyakarta: multi pressindo.
Azizah, m., joko, s., nyai, c. 2018. Analisis ketrampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Vol 35 (1).
Darsani, luh. 2019. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Vol 2 (3). 378.
Departemen pendidikan nasional. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: dharma bhakti.
Hartini, A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL . ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6-16.
Hartini, A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL . ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6-16.
Helmon, Arnoldus. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 2(1), 50.
Hermita, dkk. 2013. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD N 99 Pekanbaru. Vol 2 (2). 54. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2819/2760
Hidayani, M. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013. At-Ta'lim, 150-165.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Gahlia Indonesia.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI . Jurnal Pendidikan Biologi , 9- 21.
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.
Nafiah, Y N., Suyanto, W. (2019). Penerapan Model Problem-Based-Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. 125.
Palestina, dkk. (2018). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Vol 2 (1). 70-71. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/237/0
Rusman.2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo persada.
Saputri, 2017. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Yogyakarta
Saputro, O.A., & Rahayu, T.S. 2020. Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1), 187.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di . Jurnal Pendidikan, 1572-1582.
Sihotang, Kasdin dkk. 2012. “Critical Thinking Membangun Pemikiran Logis” Jakarta: PT Puataka Sinar Harapan
Slameto. 2017. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana, Nana. 2014. Penelitian dan penilaian pendidikan.Bandung.Sinar Baru Algensido Bandung.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) . JURNAL PESONA DASAR, 41-54.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Tamarli. (2017). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM. Jurnal Serambi Ilmu, 33-39.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN . Edcomtech, 129-136.
Wulandari, A., & Suparno. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap kemampuan Karakter kerjasama Anak usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 862-872.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.