Kecerdasan Adversitas Ditinjau dari Pola Asuh Otoritatif dan Keyakinan Diri (Self Efficacy)
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2893Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pola Asuh Otoritatif dan Keyakinan Diri (Self Efficacy) terhadap Kecerdasan Adversitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI SMK Farmasi Bina Farma Madiun sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak jumlah populasi yaitu 108 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala pola asuh otoritatif, skala keyakinan diri, dan skala kecerdasan adversitas. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu: (1) hipotesis minor pertama berbunyi : pola asuh otoritatif berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas, (2) hipotesis minor kedua berbunyi: keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas, dan (3) hipotesis mayor berbunyi: pola asuh otoritatif dan keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari pengolahan data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Model persamaan garis regresi Y=40.466+0.184 (X1)+0.223(X2). (2) Analisis korelasi memiliki keeratan lemah dengan R sebesar 0,364. (3) Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,133, hal ini berarti pola asuh otoritatif dan keyakinan diri memiliki pengaruh sebesar 13,3,% terhadap kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMK Farmasi Bina Farma Madiun Tahun Ajaran 2018-2019. (4) Hipotesis “pola asuh otoritatif berengaruh terhadap kecerdasan adversitas”, diterima karena nilai t hitung < t tabel (2.389 > 1.659). (5) Hipotesis “keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas”, diterima karena t hitung > t tabel ( 2.330 > 1.659). (6) Hipotesis “pola asuh otoritatif dan keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas:,diterima karena f hitung > f tabel ( 8.024 > 3.08 ).
Downloads
References
Alwisol. 2012 . Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Anis, Saturrosidah, Marina Dwi Mayangsari, Muhammad Syarif Hidayatullah. 2018. Pengaruh Kelekatan Dengan Orangtua Terhadap Kecerdasan Adversitas Pada Remaja Korban Perceraian. Jurnal Kognisia, Vol 1, No.2 (2018), ISSN: 2809-6215
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Aulia, Lailatuzzahro Al-Akhda. (2014). Hubungan Self Efficacy Dengan Adversity Quotient (AQ). Jurnal Psikologi. Universitas Yudharta Pasuruan.
Bandura, A. 1986. Dasar pemikiran dan tindakan sosial: teori kognisi sosial.. Englewood Cliffs, Nj: Prentice Hall.
Baumrind, D. 1966. Pengaruh Pengendalian Orang Tua Otoritatif terhadap Perilaku Anak. Perkembangan Anak, 4, 887 - 907.
Baumrind, D. 1991. Pengaruh Gaya Pengasuhan Terhadap Kompetensi Remaja dan Penggunaan Zat. Journal of Early Adolescence, 11 (1), 56 - 95.
Djumhur & Surya. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV.
Komandyahrini & Hawadi. 2008. Repository USU. Apa itu self efficacy dan peran pada konselor. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol 02. No.03.Hal.05 http:/repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20422/4/Chapter%2011.pdf.
Myers, D. G. (1996). Psikologi Sosial. USA: McGraw Hill,Inc.
Nasution, S. 1983. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, 2017. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. : PT. Elex Media Komputindo
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfa Beta.
Surakhmad, W. 1978. Dasar dan Tehnik Research Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: CV Tarsito.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Stolz. G Paul. Adversity Quotient. 2000. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta. Grasindo
Trunodipo, Teddy Wirawan (2011). Masalah: Pengertian dan Hakekat. Artikel.Tersedia:http://teddywirawan.wordpress.com/2011/12/09/m-a-s-a-l-a-h-pengertian-dan-hakekat/(26 mei 2018)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.