Kecerdasan Adversitas Ditinjau dari Pola Asuh Otoritatif dan Keyakinan Diri (Self Efficacy)

Authors

  • Bernardus Widodo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun
  • Bernadetta Eka Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pola Asuh Otoritatif dan Keyakinan Diri (Self Efficacy) terhadap Kecerdasan Adversitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI SMK Farmasi Bina Farma Madiun sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak jumlah populasi yaitu 108 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu skala pola asuh otoritatif, skala keyakinan diri, dan skala kecerdasan adversitas. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu: (1) hipotesis minor pertama berbunyi : pola asuh otoritatif berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas, (2) hipotesis minor kedua berbunyi: keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas, dan (3) hipotesis mayor berbunyi: pola asuh otoritatif dan keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda.  Berdasarkan hasil dari pengolahan data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Model persamaan garis regresi Y=40.466+0.184 (X1)+0.223(X2). (2) Analisis korelasi memiliki keeratan lemah dengan R sebesar 0,364. (3) Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,133, hal ini berarti pola asuh otoritatif dan keyakinan diri memiliki pengaruh sebesar 13,3,% terhadap kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMK Farmasi Bina Farma Madiun Tahun Ajaran 2018-2019. (4) Hipotesis “pola asuh otoritatif berengaruh terhadap kecerdasan adversitas”, diterima karena nilai t hitung < t tabel (2.389 > 1.659). (5) Hipotesis “keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas”, diterima karena t hitung > t tabel ( 2.330 > 1.659). (6) Hipotesis “pola asuh otoritatif dan keyakinan diri berpengaruh terhadap kecerdasan adversitas:,diterima karena f hitung > f tabel ( 8.024 > 3.08 ).

Author Biographies

Bernardus Widodo, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Bernadetta Eka, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling

References

Alwisol. 2012 . Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Anis, Saturrosidah, Marina Dwi Mayangsari, Muhammad Syarif Hidayatullah. 2018. Pengaruh Kelekatan Dengan Orangtua Terhadap Kecerdasan Adversitas Pada Remaja Korban Perceraian. Jurnal Kognisia, Vol 1, No.2 (2018), ISSN: 2809-6215

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Aulia, Lailatuzzahro Al-Akhda. (2014). Hubungan Self Efficacy Dengan Adversity Quotient (AQ). Jurnal Psikologi. Universitas Yudharta Pasuruan.

Bandura, A. 1986. Dasar pemikiran dan tindakan sosial: teori kognisi sosial.. Englewood Cliffs, Nj: Prentice Hall.

Baumrind, D. 1966. Pengaruh Pengendalian Orang Tua Otoritatif terhadap Perilaku Anak. Perkembangan Anak, 4, 887 - 907.

Baumrind, D. 1991. Pengaruh Gaya Pengasuhan Terhadap Kompetensi Remaja dan Penggunaan Zat. Journal of Early Adolescence, 11 (1), 56 - 95.

Djumhur & Surya. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV.

Komandyahrini & Hawadi. 2008. Repository USU. Apa itu self efficacy dan peran pada konselor. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Vol 02. No.03.Hal.05 http:/repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20422/4/Chapter%2011.pdf.

Myers, D. G. (1996). Psikologi Sosial. USA: McGraw Hill,Inc.

Nasution, S. 1983. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, 2017. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. : PT. Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfa Beta.

Surakhmad, W. 1978. Dasar dan Tehnik Research Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: CV Tarsito.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Stolz. G Paul. Adversity Quotient. 2000. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta. Grasindo

Trunodipo, Teddy Wirawan (2011). Masalah: Pengertian dan Hakekat. Artikel.Tersedia:http://teddywirawan.wordpress.com/2011/12/09/m-a-s-a-l-a-h-pengertian-dan-hakekat/(26 mei 2018)

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Widodo, B., & Eka, B. (2022). Kecerdasan Adversitas Ditinjau dari Pola Asuh Otoritatif dan Keyakinan Diri (Self Efficacy). Jurnal Pendidikan, 31(3), 389–396. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2893

Issue

Section

Artikel