Merdeka Belajar dalam Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3238Abstract
Merdeka Belajar merupakan program yang dibuat oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim yang bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa dan menghasilkan siswa yang mampu berkompetisi dalam dunia global. Konsep merdeka belejar ini tercantum dalam penerapan kurikulum merdeka yang dilaksanakan mulai tahun 2020 di beberapa sekolah dan tahun 2022 hampir di sekolah seluruh Indonesia. Untuk itu perlu kajian dari berbagai prespektif tentang penerapan merdeka belajar ini. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif berbasis library research. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa merdeka belajar yang di terapkan oleh menteri pendidikan sejalan dengan konsep pendidikan eksistensialiseme yang dikemukakan oleh Jean Paul Sartre. Pada Hakikatnya siswa adalah manusia yang memiliki kesadaran penuh akan dirinya dan megetahui kemampuan dirinya, sehingga untuk mengoptimalkan potensinya, siswa memerlukan kebebasan dalam menentukan cara belajar dan cara memperoleh pengetahuan. Guru berberan aktif sebagai fasilitator untuk siswa dalam mengembangkan potensinya, dengan cara demikian sehingga akan tercipta suasana saling mendukung dalam pembelajaran, menciptakan kebahagiaan dalam belajar dan siswa menjadi eksis karena prestasi-prestasi dari potensinya yang terus berkembang.
Downloads
References
Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.
Budiwati,Rini . (2022). Merdeka belajar dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin. Vol. 4, No. 1,15- 24
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Farah. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam I. Vol. VIII No 1 hal 43-64
Hakim, Lukmanul,Dkk. (2022). Ontologi Pendidikan Di Era Globalisasi Berdasarkan Pandangan Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Elementa.Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin,4(1), 9-14
Kemendikbud.go.id. (2019, 11 Desember).. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”. Diakses pada 14 Desember 2022, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar
Kemendikbud.go.id. (2022, 11 Februari). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Diakses pada 14 Desember 2022, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
Purnamasari, Elvira. (2017). Kebebasan Manusia Dalam Filsafat Eksistensialisme (Studi Komparasi)Pemikiran Muhammad Iqbal Dan Jean Paul Sartre. Jurnal Manthiq,2 (2), 119-132
Marisyah, A., Firman, F., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V3I3.395
Rosyidi, Unifah, & PGRI, KUPB. (2020). Merdeka Belajar: Aplikasinya Dalam Manajemen Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah. Modul Seminar Nasional “Merdeka Belajar: Dalam Mencapai Indonesia Maju, 2045.
Rukiyati. (2009).Pemikiran Pendidkan Menurut Eksistensialisme Fondasia,9(1), 92-105
Sari, Milya, & Asmendri, Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Siregar, Mhmudin. (2015). Filsafat Eksistensialisme Jean-Paul Sartre. Yurisprudentia ,1(2), 30-46
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta
Sumanto. (2014). Teori dan Metode Penelitian. CAPS (Center of Academic Publishing Service): Yogyakarta
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.
Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Tambunan, Sihol Farida. (2016). Kebebasan Individu Manusia Abad Dua Puluh Filsafat Eksistensialisme Sartre. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 18(2), 215-231
Wulandari,Wiwin. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 7, No. 3, 2036-2048
Yunus, M.Firdaus. (2011). Kebebasan Dalam Filsafat Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Jurnal Al- Ulum, 11 (2), 267-282
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.