Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3342Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Robert Maynard Hutchins tentang pendidikan karakter di sekolah dasar dalam perspektif perenialisme. Penelitian ini dapat membantu pendidik mengajarkan pendidikan karakter menggunakan filsafat perenialisme sebagai hal penting dalam perkembangan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Filsafat perenialisme memiliki pemikiran tentang bagaimana manusia harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan dunia. Pendidikan karakter melalui pendekatan filsafat perenialisme menekankan bagaimana manusia berperilaku sesuai dengan nilai-nilai baik yang ada pada dirinya, pendidikan karakter sangat tepat jika dimulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar dimana pendidikan sekolah dasar merupakan landasan bagi pendidikan selanjutnya. Perenialisme dalam pendidikan karakter lahir sebagai reaksi dan solusi terhadap krisis kebudayaan dalam kehidupan modern. Filsafat perenialisme mengedepankan jalan mundur ke masa lampau, yakni mengembalikan nilai dan prinsip yang telah menjadi pandangan hidup yang kukuh pada zaman dahulu. Pengembalian nilai dan prinsip hidup tersebut dapat ditempuh melalui pendidikan karakter. Dalam rangka menyiapkan generasi mendatang yang tidak kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Substansi filsafat Perenialisme adalah salah satu alternatif yang harus diterapkan dalam pendidikan karakter di sekolah dasar.
Downloads
References
Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.
Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. In Ar-Ruz Media.
Hutchins, & M., R. (1950). The Idea of a College. Retrieved 2022-09-19. http://www.ditext.com/hutchins/1950.html
Kaderi, & Alwi, M. (2017). Perenialisme di Era Globalisasi. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 6(1), 59–74.
Mahendra, & Yasinta. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN).
McNeill, & H, W. (1991). Hutchins’ University: A Memoir of the University of Chicago,1929–1950. The University of Chicago Press.
Nursalim, Eko, & Khojir. (2021). Aliran Perenialisme dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Cross-Border, 4(2), 673–684.
Nuryamin. (2019). Implementasi Filsafat Parenial dalam Pembelajaran. Jurnal Aqidah-Ta, V(1), 49–61.
Prabandari, & Siwi, A. (2020). Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 68–71.
Putri, & Palupi, D. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar. Ar.Riayah Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Samani, Muchlas, & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003. In Depdiknas.
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.
Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.
Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.
Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, & Julmanan, A. (2021). Perenialisme Dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1).
Yati, Yuni, & Endang. (2022). pendidikan karakter di sekolah dasar dalam pandangan filsafat perenialisme Thomas Aquinas. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 1(3), 32–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.