Differentiated Learning in Constructivism Theory on The Entrepreneurship Projects
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3353Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan teori konstruktivisme yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek di SMAN 1 Banyudono. Jenis penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta wawancara. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran kelas X2 dan siswa kelas X2 sebanyak 36 siswa. Hasil dari penelitian ini, siswa dapat mengkonstruksikan pemahamannya melalui pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek kewirausahaan. Metode pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan diri dengan menghasilkan sebuah produk berupa makanan maupun kerajinan. Siswa berperan sebagai subjek utama didalam pengembangan kurikulum, sedangkan guru sebagai fasilitator yang demokratis. Konsep “belajar dengan melakukan”, kemudian berkembang menjadi salah satu jenis pembelajaran yaitu “pembelajaran berbasis penyelesaian masalah”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran berdiferensiasi berbasis proyek di SMAN 1 Banyudono, membina pemahaman pengetahuan siswa secara mandiri dari pengalaman pembelajaran proyek yang mereka kerjakan.
Downloads
References
Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.
Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktivisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2).
Devi Kurnia Fitra. 2022.Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 3.
Moleong, Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Piaget, J. (1971). The Theory of Stages in Cognitive Development. In D. Green, M. P. Ford, & G. B. Flamer (Eds.), Measurement and Piaget (pp. 1-11). New York, NY: McGraw-Hill.
Rapar, Hendrik, 1996. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Suharsimi, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79– 88.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.
Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.
Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.