Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning bagi Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2018-2019

Authors

  • Suprapti Hariyani Guru IPA SMP Negeri 1 Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.343

Abstract

Tujuan penelitian ini: pertama mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas VIII G pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2018-2019, kedua: untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII G dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah GURU IPA kelas VIII G dan Guru IPA kelas VII A sebagai kolaborator, serta siswa kelas VIII G di SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2018-2019. Objek penelitiannya adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar IPA siswa dan model pembelajaran discovery learning. Metode pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif untuk mengtahui ada tidaknya aktivitas belajar siswa instrument yang digunakan adalah pedoman pengamatan, dan analisis kuantitatif untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII G dalam mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovrt learning. Hasil penelitian: berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan pada tanggal 21–27 Agustus 2018 ditemukan hal-hal sebagai berikut: pembelajaran bersifat tradisional, pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, metode dan gaya mengajar guru tidak menarik, pembelajaran tekstual. Dampaknya adalah daya serap siswa rendah dari hasil tes yang di peroleh melalui daftar Skor guru Skor rata-rata kelas hanya 72 dengan Skor tertinggi 80 dan Skor terendah 71, dengan KKM 77 . Simpulannya bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII G dalam pembelajaran IPA kurang maksimal, hasil belajar siswapun juga rendah karena itu dicarikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran discovery leanring.

References

Amalia Sapriati. (2009). Pembelajaran IPA di SMP. Jakarta: Universitas Terbuka. Alma, Buchari, dkk. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azhar, Lalu. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional. Amat Jaedun. (2008). Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008. Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008. Bell-Gredler Udin S. Winata Putra, (1978). Belajar Adalah Proses Yang Dilakukan Oleh Manusia . UNS. Surakarta. Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta. Djamarah. (2002). Teori Motivasi, Edisi 2 (ed-2), Jakarta: PT Bumi Akasara Edi Prajitno. (2008). Metode Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. Hanafiah Nanang dan Cucu Suhada. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang Kurkulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Moedjiono, Dimyati. (1993). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Moleong, L.J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rochiati Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya Roestiyah N.K. (2008).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sani,Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta:Bumi aksara. Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Suwangsih, E. & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press. Syah Muhibin. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. Winataputra ,Udin S, (2008).Teori Belajar Minat dan Pembelajaran ,Jakarta: UT Suherman, dkk. (2001). Common TexBook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung. Sund, R.B. & Trowbridge, L.W. (1973). Teaching Science by Inquiry in the Secondary School, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Hariyani, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning bagi Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, 28(2), 155–168. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.343

Issue

Section

Artikel