Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.494Abstract
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa dalam kelas ini adalah 28 yang terdiri atas 4 laki-laki dan 24 perempuan. Siswa diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan metode Eksperimen dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Proses pembelajaran pada siklus I dilakukan di dalam kelompok besar, sedangkan proses pembelajaran pada siklus II dilakukan di dalam kelompok kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Untuk validasi data, observasi tidak dilakukan sendiri oleh peneliti, tetapi berkolaborasi dengan siswa dan teman sejawat, serta dengan menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Pada kondisi awal aktivitas belajar siswa rendah, hasil prestasi belajar, jumlah siswa tuntas 14 anak 50%, belum tuntas 14 anak 50%, nilai tertinggi 93, nilai terendah 50 nilai rata-rata 76,89. Simpulannya aktivitas belajar rendah dan hasil belajar siswa siswa kelas VIII G belum maksimal, untuk itu dicarikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran dicovery learning dengan metode eksperimen, sehingga pada siklus I hasil prestasi belajar, jumlah siswa tuntas 26 anak 93%, belum tuntas 3 anak 7%, nilai tertinggi 95, nilai terendah 68 nilai rata-rata 83,18.Pada siklus II hasil prestasi belajar, jumlah siswa tuntas 28 anak 100%, belum tuntas 0 anak 0%, nilai tertinggi 98, nilai terendah 80 nilai rata-rata 88,57. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Amalia Sapriati. (2009). Pembelajaran IPA di SMP. Jakarta: Universitas Terbuka.
Alma, Buchari, dkk. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azhar, Lalu. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.
Amat Jaedun. (2008). Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.
Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.
Bell-Gredler Udin S. Winata Putra, (1978). Belajar Adalah Proses Yang Dilakukan Oleh Manusia . UNS. Surakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. (2002). Teori Motivasi, Edisi 2 (ed-2), Jakarta: PT Bumi Akasara
Koesoema, Doni (2010).Pendidikan Karakter, Edisi Revisi.Jakarta:Grasindo
Edi Prajitno. (2008). Metode Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY.
Hanafiah Nanang dan Cucu Suhada. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang Kurkulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2015). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta:Kemeterian dan Kebudayaan republik Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2015). Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta:Kemeterian dan Kebudayaan republik Indonesia
Moedjiono, Dimyati. (1993). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Moleong, L.J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rochiati Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya
Roestiyah N.K. (2008).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani,Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta:Bumi aksara.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suwangsih, E. & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Syah Muhibin. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Winataputra ,Udin S, (2008).Teori Belajar Minat dan Pembelajaran ,Jakarta: UT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.