Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang

Authors

  • Annisa Tinova Universitas Negeri Padang
  • Ardisal Ardisal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3817

Abstract

Penulis terinspirasi untuk melakukan penelitian ini karena tantangan yang dihadapi oleh siswa tunagrahita ringan yang kesulitan dalam mengidentifikasi huruf konsonan (d, f, h, j, r, t, v, dan y). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengenalan konsonan siswa tunagrahita ringan kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Kota Padang melalui penggunaan video animasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) dengan pola A1, B, A2, dan menggunakan metode analisis visual grafis dengan cara memasukkan data kedalam bentuk grafik yang kemudian dianalisis berdasarkan fase (A1, B, A2). Subjek penelitian adalah seorang siswa tunagrahita ringan di kelas V SLB Himah Miftahul Jannah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi memberikan peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf konsonan siswa dilihat dari fase baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, didapatkan skor 13%, 13%, 13%, dan 13%. Pada fase intervensi (B) yang dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan, skor meningkat menjadi 25%, 38%, 50%, 63%, 63%, 75%, 88%, 88%, dan 88%. Selama fase baseline kedua (A2) yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan, skornya adalah 83%, 88%, 88%, dan 88%. Berdasarkan perolehan data yang didapatkan disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf konsonan siswa tunagrahita ringan meningkat setelah menggunakan video animasi dalam pembelajaran.

 

Kata-kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf konsonan, video animasi, siswa tunagrahita ringan

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, E., & Damri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Melalui Media Audio Visual bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas VI di SLB Al-Hidayah Padang). Annual Conference on Early Childhood Education, 4.

Ahmadi, F., Ibda, H., & Wijayanti, D. M. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ardisal, A., & Damri, D. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus Di Smk Negeri 4 Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 105–109.

Ardisal, A., Sopandi, A. A., & Taufan, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 39–42.

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1).

Damayanti, R., & Yuanta, F. (2018). Media Animasi Interaktif untuk Meningkatkan Minat Baca Anak. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8.

Harnin, I. S., & Damri, D. (2022). Kepedulian Sosial Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C (Tunagrahita). Jurnal Basicedu, 6(2), 1782–1791.

Herman, D. S. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY press.

Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Journal Of Early Child Hood Education And Development, 1(1).

Kasiyati, G. K. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Padang: Sukabina Press.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60–78.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Mesing, I. B. (2019). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66.

Sabri, A., Zulmiyetri, & Damri. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Kata Berpola KV-KVK Bagi Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 15–18.

Sopiani, I. A., & Ardisal, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Siswa Disleksia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 113–119.

Subini, N. (2019). Panduan Mendidik Anak dengan Kecerdasan di Bawah Rata-rata. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Tinova, A., & Ardisal, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 207–216. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3817

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)