Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu

Authors

  • Nova Andri Ani Universitas Negeri Padang
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
  • Kasiyati Kasiyati Universitas Negeri Padang
  • Ardisal Ardisal Universitas Negeri Padang
  • Antoni Tsaputra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3573

Abstract

Pembelajaran untuk anak tunarungu tidak hanya pada bidang akademik saja, tetapi juga pada pembelajaran keterampilan. Pembelajaran keterampilan ini bermanfaat untuk meningkatkan life skill dan memberikan peluang pekerjaan pada anak. Penelitian ini berfokus pada permasalahan pembelajaran keterampilan membuat hiasan dinding dari kerang pada anak tunarungu kelas IX SLB YPPLB Padang, dengan menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas, Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilakukan empat kali pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 4 januari- 25 januari 2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa video tutorial dapat meningkatkan kemampuan membuat hiasan dinding pada anak tunarungu. Sehingga, guru dapat menggunakan video tutorial untuk pembelajaran keterampilan. 

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2020). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 9–13.

Elvida, R. (2018). Efektivitas Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan Membuat Lip Balm. Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 172–177.

Ilahi, F., & Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Media Tutorial Terhadap Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 1–7.

Iswari, M., Zulmiyetri, Z., Budi, S., Nurhastuti, N., & Ardisal, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring untuk Pengembangan Wirausaha bagi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 40–44.

MM, F. J., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas IV di SLBN Simalungun). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Noveria, L. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII (Penelitian Tindakan Kelas di SLB YPPLB Padang). 220.

Pasaribu, M., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas III DI SLB Negeri Pinangsori). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Safaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35–38.

Sari, N. P. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit Ritsleting Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLB N 1 Lima Kaum. http://repository.unp.ac.id/25572/

Ilahi, F., & Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Media Tutorial Terhadap Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 1–7.

Melinda, E. S., & Heryati, I. S. (2013). Bina komunikasi persepsi bunyi dan irama bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Luxima metro media.

Musapana, S., & Amalia, I. R. (2020). Kerajinan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Alternatif Pembuatan Bros Ramah Lingkungan Tambakrejo Semarang yang diolah menjadi kerajinan tangan bros yang memiliki nilai estetika dan nilai jual ekonomis . Pada Berkaitan dengan ketentuan CCRF ( Code of Conduct. 2(1), 58–66.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Noveria, L. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII (Penelitian Tindakan Kelas di SLB YPPLB Padang). 220.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, K., Ardisal, A., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan, 32(1), 153–158. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3573

Issue

Section

Artikel