Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3573Abstract
Pembelajaran untuk anak tunarungu tidak hanya pada bidang akademik saja, tetapi juga pada pembelajaran keterampilan. Pembelajaran keterampilan ini bermanfaat untuk meningkatkan life skill dan memberikan peluang pekerjaan pada anak. Penelitian ini berfokus pada permasalahan pembelajaran keterampilan membuat hiasan dinding dari kerang pada anak tunarungu kelas IX SLB YPPLB Padang, dengan menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas, Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilakukan empat kali pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 4 januari- 25 januari 2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa video tutorial dapat meningkatkan kemampuan membuat hiasan dinding pada anak tunarungu. Sehingga, guru dapat menggunakan video tutorial untuk pembelajaran keterampilan.
Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2020). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 9–13.
Elvida, R. (2018). Efektivitas Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan Membuat Lip Balm. Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 172–177.
Ilahi, F., & Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Media Tutorial Terhadap Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 1–7.
Iswari, M., Zulmiyetri, Z., Budi, S., Nurhastuti, N., & Ardisal, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring untuk Pengembangan Wirausaha bagi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 40–44.
MM, F. J., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research kelas IV di SLBN Simalungun). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).
Noveria, L. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII (Penelitian Tindakan Kelas di SLB YPPLB Padang). 220.
Pasaribu, M., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas III DI SLB Negeri Pinangsori). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).
Safaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35–38.
Sari, N. P. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit Ritsleting Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLB N 1 Lima Kaum. http://repository.unp.ac.id/25572/
Ilahi, F., & Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Media Tutorial Terhadap Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 1–7.
Melinda, E. S., & Heryati, I. S. (2013). Bina komunikasi persepsi bunyi dan irama bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Luxima metro media.
Musapana, S., & Amalia, I. R. (2020). Kerajinan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Alternatif Pembuatan Bros Ramah Lingkungan Tambakrejo Semarang yang diolah menjadi kerajinan tangan bros yang memiliki nilai estetika dan nilai jual ekonomis . Pada Berkaitan dengan ketentuan CCRF ( Code of Conduct. 2(1), 58–66.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Noveria, L. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII (Penelitian Tindakan Kelas di SLB YPPLB Padang). 220.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.