Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa Di Sekolah Inklusif

Authors

  • Iga Setia Utami Universitas Negeri Padang
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
  • Gaby Arnez Universitas Negeri Padang
  • Mona Yulita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3570

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model layanan pendidikan bagi anak tunadaksa di Sekolah Inklusif. Model layanan untuk pendidikan anak sangatlah beragam, terutama yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bagi anak dengan hambatan fisik yang mengalami kesulitan dalam mobilitas dan sebagainya. Metode yang di gunakan di dalam artikel ini adalah metode study literature review dengan pengumpulan sumber dari google scholar maupun jurnal-jurnal yang ada di universitas. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa setiap  anak berkebutuhan khusus memerlukan layanan pendidikan. Akan tetapi, setiap anak berkebutuhan khusus memiliki layanan pendidikan yang berbeda-beda, sebab anak berkebutuhan khusus memiliki berbagai macam jenis ketunaan. Namun untuk layanan pendidikan yang di berikan kepada anak tuandaksa hampir sama dengan anak pada umunya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amani, R., Luthfi, A., Maulidazani, F., Qomari, V. A., Umur, A., Mahdi, A., Taufan, J., Budi, S., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2023). Inovasi media pembelajaran tahfidz untuk anak berkebutuhan menggunakan pop up book mauro. 02, 33–43.

Anatasiya, S. A., Pendidikan, J., Biasa, L., Annisa, S., & Pudjiastuti, E. (2017). Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Vokasional Siswa Tunadaksa di SMALB – D. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–14.

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. Law Journal, 2(1), 23111.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2019). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Kota Semarang. 3, 103–111.

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, iga setia. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Jurnal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Genetika Dan Neurologimahasiswa Semester 1 Jurusan Plb Fip Universitas Negeri Padang. 3(3), 43–46.

Budi, S., Nurhastuti, N., Wulandari, nurul lathifa, & Jannah, rehan nil. (2021). Kesiapan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Dalam Pembelajaran Daring Di Era New Normal. 67–71.

Dewi, N. P. (2015). Model Layanan Dalam Rangka Perluasan Akses Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun 2012.

Hermanto. (2006). Modifikasi Model Pembelajaran Bagi Anak Cerebral Palsy (Suatu Tantangan Kreativitas Guru). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2), 185–195.

Iswari, M., Zulmiyetri, Z., Budi, S., Nurhastuti, N., & Kasiyati, K. (2022). Pelatihan pembuatan sabun cuci piring untuk pengembangan wirausaha bagi mahasiswa. 3(1), 14–17.

Pangestu, A. A., Putri, H. K., Syarief, N. S., Filkhaqq, T., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(2), 275–284.

Suryati, S. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Anak Tunadaksa Kelas II SDLB. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 158–163. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.603

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Ukhti, A., Utami, I. S., Zulmiyetri, & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1), 750–754.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Utami, I. S., Budi, S., Arnez, G., & Yulita, M. (2023). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa Di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan, 32(1), 145–152. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3570

Issue

Section

Artikel