Efektivitas Permainan Modifikasi Ular Tangga terhadap Kemampuan Mengenal Uang pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V/C di SLB N 1 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5469Keywords:
Uang, Permainan Ular Tangga, Tunagrahita RinganAbstract
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu guna mengetahui efektivitas penggunaan permainan modifikasi ular tangga terhadap kemampuan mengenal uang siswa tunagrahita ringan kelas V/C di SLB N 1 Bukittinggi. Metode yang diaplikasikan yaitu metde eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini, yaitu seorang anak kategori tunagrahita ringan kelas V di SLBN 1 Bukittinggi. Tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data berupa beberapa butir soal dan teknik dan analisis visual grafik sebagai teknik analisis data. Setelah dilakukan riset selama 16 kali pengamatan diperoleh hasi pada setiap tahapan yaitu pada tahap baseline (A1) 25,92%, 29,62%, 29,62%, 29,62%. Pada pengamatan saat tahap intervensi dengan persentase 70,37%, 74,07%, 74,07%, 77,78%, 81,84%, 85,18%, 85,18%, 85,18%. Terakhir hasil tahap baseline (A2) dengan perolehan persentase yaitu 85,18%, 92,59%, 92,59%, 92,59%. Dari analisis tersebut penggunaan permainan modifikasi ular tangga efektif digunakan sehubung dengan meningkatnya kemampuan mengenal uang anak yang dialami pada tahap baseline (A1) ke tahap sesudah diberikan intervensi.
Downloads
References
Agustriyana, N. A., & Undarwati, A. (2014). Efektivitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Materi Penggunaan Mata Uang Pada Anak Tunagrahita Ringan. Developmental and Clinical Psychology, 3(1).
Anan, L. K., Kasiyati, Ardisal, & Budi, S. (2023). Meningkatkan Bina Diri Mencuci Piring Melalui Metode Drill pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di SLBN 1 Sungai Aur. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(4).
Apriliana, Y., Utami, I. S., Damri, & Budi, S. (2023). Efektivitas Tangga Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan 1-10 pada Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8880–8884.
Armaini, A., Budi, S., Nurhastuti, N., & Iswari, M. (2022). Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Optimalisasi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Basicedu, 6(6), 10238–10248.
Arvita, E. P., Nurhastuti, N., Damri, D., & Budi, S. (2023). Penggunaan Aplikasi Secil Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Angka 11-120 Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23056–23061.
Baiquni, Imam. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193–203.
Budi, S., Utami, I. S., Arnez, G., Putri, W. J. E., & Saputri, W. (2023). Penerapan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan, 32(1), 159–164.
MM, F. J., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tungarahita Ringan (Classroom Action Research Kelas IV di SLBN Simalungun). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).
Pasaribu, M., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flip Chart bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas III di SLB Pinangsori). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).
Pragesti, N., & Budi, S. (2024). Efektivitas Media Kincir Pelangi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9104–9111.
Puspitaningtyas, A. R., & Pratiwi, V. (2019). Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Pada Anak Autis Dengan Menggunakan Media Visual (Gambar). In Prosiding Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH).101–110.
Putri. (2021). Pandangan bandi delphie tentang pembelajaran anak tunagrahita serta relevansinya dengan intelegensi (IQ) anak tunagrahita. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic, 5(1).
Saffaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35–38.
Sari, S. K., & Budi, S. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).
Senjaya, A. J., Sudirman, & SW, P. E. (2017). Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian Di Sekolah dan Di Rumah. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 1–8.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.
Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.
Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.
Toni, A. K. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Uang Menggunakan Media Laci Uang Pada Murid Tunagrahita Kelas Iv Di Slbn 1 Buton.
Yetti & Damri. (2014). Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI SLB Binar Trusan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 3(1), 11-22
Widada, W. (2014). Implementasi Pendidikan Agama Islam Adaptif Bagi Siswa Smalb Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 2(1), 84-105. https://doi.org/10.26555/almisbah.v2i1.96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.