Meningkatkan Media Pancingan Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Ringan

Authors

  • Dinda Firnianti Putri Universitas Negeri Padang
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang
  • Zulmiyetri Zulmiyetri Universitas Negeri Padang
  • Gaby Arnez Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5498

Keywords:

Tunagrahita, Media Pancingan Huruf, Huruf Konsonan

Abstract

Abstrak: Penelitian dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan di kelas IV SLB Negeri 2 Pariaman yang masih belum mampu mengenal huruf konsonan D, F, G, H. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan D, F, G, H melalui media pancingan huruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR). Desain Penelitian yang digunakan adalah Desain A-B. Desain A-B terdiri dari 2 Kondisi yaitu Baseline (A1) dan B (Intervensi). Hasil Penelitian menunjukkan dalam 12 kali pertemuan, yaitu pada kondisi Baseline (A1) dengan presentase 25%,25%,25%,25%. Pada Kondisi Intervensi (B) dengan presentase 50%,50%,59%,67%,75%,84%,84%,84%. Berdasarkan hasil presentase penelitian tersebut dan analisis data baik dalam kondisi dan antar kondisi Media Pancingan Huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan D, F, G, H bagi anak tunagrahita kelas IV SLB Negeri 2 Pariaman.

Kata-kata Kunci:  Tunagrahita, Media Pancingan Huruf. Huruf Konsonan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardisal, A., Sopandi, A. A., & Taufan, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 39–42.

Damri. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Padang. Jurnal Pendidikan.

Hernin, I. S. & Damri. (2022). Kepedulian Sosial Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Kategori C. Jurnal Basicedu, 8(2).

Kasiyati. (2019). Meningkatkan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom Melalui Model Explicit Instruction di kelas I/C. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 43–48.

Marlina, M., & Mukhsim. (2020). Panduan Praktis bagi Guru dan Orang Tua. Pendidikan Khusus , 2(6).

Ukhti, A., Utami, I. S., & Zulmiyetri. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan, 6(1).

Armaini, Budi, S., Nurhastuti, & Iswari, M. (2022). Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Optimalisasi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus . Jurnal Pendidikan, 6(6).

Shidgi, S. T., & Budi, S. (2023). Penggunaan Metode Multisensori untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22076–22079.

Pasaribu, M., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

MM, J. F., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Syllabic Method bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Rohayati, R., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sas (Struktural Analisis Sintetik) Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Ukthi, A., Utami, I. S., & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan, 6(1), 750–754.

Mona, Y., Budi, S., Asnah, M. B., Zulmiyetri, Z., & Safaruddin. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan , 32(1), 139–144.

Armaini, A., Budi, S., Nurhastuti, N., & Iswari, M. (2022). Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Optimalisasi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Basicedu, 6(6), 10238–10248.

Johandri, T., Ardisal, & Konitah. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159.

Dewi, I., & Armaini. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Bermain Pancing Huruf Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Reserch Kelas III SLB Hikmah Reformasi Padang). . Jurnal Residu, 3(23), 2598–8131.

Mangkuwibawa, H., Mufie, Z., & Aulia, D. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Permainan Memancing Huruf Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan , 13, 2774–6585.

Tinova, A., & Ardisal, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan , 32(2).

Putri, S. E., & Irdamurni, I. (2023). Efektivitas Media Papan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Astuti, E. P., Damri, D., Rahmatrisilvia, R., Ardisal, A., & Triswandari, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Bilabial melalui Media Fishing Alfabet pada Anak Disabilitas Rungu. Jurnal Imu Pendidikan, 6(3).

Sari, S. K., & Budi, S. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(2).

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Pragesti, N., & Budi, S. (2024). Efektivitas Media Kincir Pelangi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9104–9111.

Mona, Y., Budi, S., Asnah, M. B., Zulmiyetri, Z., & Safaruddin. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan , 32(1), 139–144.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Firnianti Putri, D., Setia Budi, Iswari, M., Zulmiyetri, Z., & Arnez, G. (2024). Meningkatkan Media Pancingan Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 33(3), 659–668. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5498

Issue

Section

Artikel