Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Disleksia

Authors

  • Mona Yulita Universitas Negeri Padang
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
  • Megaiswari Biran Asnah Universitas Negeri Padang
  • Zulmiyetri Zulmiyetri Universitas Negeri Padang
  • Safaruddin Safaruddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3569

Abstract

Aplikasi secil adalah media pembelajaran yang berbentuk aplikasi, yang dapat membatu anak dalam mengenal huruf abjad. Sehingga dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi secil dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak disleksia. Kuantitatid eksperimen dengan menggunakan metode SSR (single subject research) dan desain A-B-A. Pada kondisi AI (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 46%, 46%, 46%. Saat kondisi B (intervensi) dilakukan pengamatan dengan nilai 50%, 94,2%, 94,2%, 94,2%. Namun pada kondisi A2 (baseline) dilakukan pengamatan dengan nilai 94,2%, 94,2%, 94,2%. Berdasarkan dengan hasil analisis data, bahwa sanya hasil penelitian membuktikan aplikasi secil efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyiyah, M. R. (2021). Strategi Guru dalam Penerapan Media Aplikasi Belajar Menulis Di TK Muslimat NU 29 Mahkota Gresik. 46–52.

Amani, R., Luthfi, A., Maulidazani, F., Qomari, V. A., Umur, A., Mahdi, A., Taufan, J., Budi, S., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2023). Inovasi media pembelajaran tahfidz untuk anak berkebutuhan menggunakan pop up book mauro. 02, 33–43.

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, iga setia. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Jurnal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Genetika Dan Neurologimahasiswa Semester 1 Jurusan Plb Fip Universitas Negeri Padang. 3(3), 43–46.

Budi, S., Nurhastuti, N., Wulandari, nurul lathifa, & Jannah, rehan nil. (2021). Kesiapan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Dalam Pembelajaran Daring Di Era New Normal. 67–71.

Etianingsih, M. E. (2016). Peningkatkan Kemampuan Kelompok dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Hanifah, E. (2020). Lexipal Diantara Permainan Edukatif Pada Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Khusus.

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29.

Iswari, M., Zulmiyetri, Z., Budi, S., Nurhastuti, N., & Kasiyati, K. (2022). Pelatihan pembuatan sabun cuci piring untuk pengembangan wirausaha bagi mahasiswa. 3(1), 14–17.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar.

Moraza, A., & Nurhastuti. (2021). Mengurangi Kesalahan Membaca Permulaan Pada Anak Disleksia ( X ) Melalui Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Secil. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 9(1), 35–43.

Muflikhah, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias di PAUD Kenanga I Nagari Sungai Pula.

Murwani, W. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Memancing pada Anak Kelompok A TK Permata Pelangi Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. 1–26.

Rahayu, W., & Irawan, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka Menggunakan Pendekatan Realistik Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 293–299. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.9045

Ukhti, A., Utami, I. S., Zulmiyetri, & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1), 750–754.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Yulita, M., Budi, S., Asnah, M. B., Zulmiyetri, Z., & Safaruddin, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan, 32(1), 139–144. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3569

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)