Penerapan Media Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Elah Nuraena Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah
  • Irna Khaleda Nurmeta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengethui kemampuan berhitung permulaan pada anak kelas 1 SD Babakan panjang pada tahun ajaran 2022/2023 melalui permainan tradisional congklak. Observasi sementara yang dilakukan menunjukan bahwa masalah tersebut muncul karena penerapan metode yang konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan antara peneliti dan teman sejawat. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif komparatif dan kritis. Penelitian dilakukan di SD Negeri Babakanpanjang dengan subyek penelitian 26 anak. Hasil dari penelitian penerapan permainan congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, pra siklus 36% siklus satu 57%, siklus dua 82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak sampai 82%.

 

Kata-kata Kunci:  peningkatan kemampuan berhitung, permainan congklak

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99–106.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 2(2), 59–69.

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Urnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 3(1), 19–30.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.

Lubis, E. D. W., Nadar, W., & Pawitri, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan 1-10 dengan Media Tangga Pintar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (SEMNARA 2021), 39–44.

Mudiyarsih. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan dengan Permainan Balok Angka pada Anak Kelompok B. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 121–134.

Muthoharoh, R., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 04 Sempolan Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 54–63.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Psikologi Terapan, 03(01), 343–358.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128.

Rohmatin, T. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 144–150.

Sari, D., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 87 Palembang. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 48–54.

Setiawati, Ali, M., & Yuniarni, D. (2016). Kemampuan Berhitung Berdasarkan Gender pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mujahidin 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–11.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar , II(1), 43–48.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Перспективы науки и образования, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Syaifudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Media Congklak pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107–111.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Nuraena, E., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2023). Penerapan Media Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(2), 303–312. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4182

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)