Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4332Keywords:
media pembelajaran, scrapbook, etnosains, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran scrapbook berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi karantina kalor kelas V SD; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi pembekuan kalor kelas V SD; (3) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis etnosains pada pembelajaran IPA materi isolasi kalor kelas V SD. Metode penelitian ini adalah penelitian Reseach&Developmentdengan menggunakan model ADDIE dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menerapkan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Tahapan terdiri dari: Analisis, Desain, Pengembangan, dan Implementasi. Tahap analisis mencakup studi lapangan dan studi literatur. Tahap design mencakup pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap pengembangan mencakup proses pembuatan produk media pembelajaran scrapbookberbasis etnosains, kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan validasi oleh ahli media, serta revisi media pembelajaran dari ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi dilaksanakan dengan dua siklus yakni uji coba produk kelompok kecil yang melibatkan 6 siswa dan uji coba produk kelompok besar yang melibatkan 36 siswa, (2) hasil penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran memperoleh 86,46% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media pada aspek tampilan diperoleh proporsi 82,86% dengan kategori sangat layak (3) hasil respon guru diperoleh 91,19% termasuk pada kategori sangat baik dan uji coba pada siswa diperoleh proporsi sebesar 88,91% termasuk pada kategori sangat baik . Maka, media pembelajaran scrapbookberbasis etnosains layak dimanfaatkan dan digunakan menjadi media pembelajaran untuk kelas V SDDownloads
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.
Hardiana, I. (2015). Mahar Scrapbook. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Harefa, A. R. (2017). Pembelajaran Fisika Di Sekolah Melalui Pengembangan Etnosains. Jurnal Warta Edisi. 53, 1–18.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Julianto, S. (2011). Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa Unipress.
Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.
Pasaribu, Ichsani, W., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV SD. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 81–95.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unness Science Education Journal, 4(2), 920–926.
Rahmawati, F., & Atmojo, R. I. W. (2021). Etnosains Pasar Terapung Kalimantan Selatan Dalam Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6280–6287.
Rusyan A. Tabrani. (1993). Proses Belajar - Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung: Bina Budaya.
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.
Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal.. Semarang: CV. Swadaya.
Sudjana, & Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Winingsih, S. T. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pembelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Di Kelas Iv Sd Negeri 16 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(1), 7–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.