Pembelajaran Menulis Naskah Sandiwara Berbahasa Jawa dengan Teknik Alih Wahana berbantuan Media Film pada Siswa Kelas IX SMPN 4 Semarang

Authors

  • Retno Kumala Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Endang Kurniati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4469

Keywords:

pembelajaran menulis naskah sandiwara, Bahasa Jawa, teknik alih wahana, media film

Abstract

Abstrak: Menulis naskah sandiwara berbahasa Jawa merupakan salah satu materi pembelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa SMP Negeri 4 Semarang. Berdasarkan observasi, kesulitan yang dialami siswa adalah untuk menentukan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah naskah sandiwara berbahasa Jawa dan kesulitan dalam memilih kosa kata yang tepat. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknik pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pembelajaran menulis naskah sandiwara berbahasa Jawa dengan menggunakan teknik alih wahana dengan media film dapat mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran menulis naskah sandiwara berbahasa Jawa dan membantu siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik serta untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 4 Semarang, sedangkan sampelnya yaitu kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif dan kualitatif yang meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, S. (2008). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Aminun Omolu, F. (2018). "Teaching Strategies in Freedom Writers Movie". Journal of Foreign Language and Educational Research, 1(2), 25–38.

Aurora, A., & Effendi, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Bozavli, E. (2017). "Vocabulary Teaching in Foreign Language via Audiovisual Method Technique of Listening and Following Writing Scripts". International Education Studies, 10(5), 129. https://doi.org/10.5539/ies.v10n5p129

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian. In Samudra Biru. http://repository.upy.ac.id/2283/1/METOPEN PENDIDIKAN-DANURI.pdf

Djumingin, S., Juanda, J., & Azis, A. (2022). The Effectiveness of Using Audiovisual Media in Learning to Write Indonesian Drama Script. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 25(1), 44–56. https://doi.org/10.24252/lp.2022v25n1i4

Hikmatin, T. (2018). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. 1(3), 286–292.

Indah, N. P. (2018). Kajian Alih Wahana Novel Hujan Bulan Juni ke Film serta Pemanfaatannya sebagai Buku Pengayaan Alih Wahana di SMA. 3.

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Nuha, A. (2017). Populasi dan Sampel?. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.

Priyanto, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS (R. I. Utami (Ed.)). Andi.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor 424/13242 tentang Implementasi Muatan Lokal (Mulok) Bahasa Jawa di Jawa Tengah. (2013). Juli.

Wibawa, S. (2011). Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah. Kajian Bahasa Sastra Dan Budaya Jawa: Teori dan Pembelajaran, April, 1–17.

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dewi, R. K., & Kurniati, E. (2023). Pembelajaran Menulis Naskah Sandiwara Berbahasa Jawa dengan Teknik Alih Wahana berbantuan Media Film pada Siswa Kelas IX SMPN 4 Semarang. Jurnal Pendidikan, 32(3), 421–432. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4469

Issue

Section

Artikel