Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 1 Majasari

Authors

  • Irfan Agus Setiawan mahasiswa Pascasarjana Pendidikan MIPA Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi U.S Pascasarjana Pendidikan MIPA Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5297

Keywords:

PMRI, Hasil Belajar, Geometri

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pendiidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 1 Majasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan bahwa Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 75,75 sedangkan kelass kontrol 69,35. Berdasarkan hasil analisis data post-tes dengan menggunakan software SPSS diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) adalah 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa antara kelompok siswa yang diberi pendekatan (PMRI) dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional di Kelas VII SMP Negeri 1 Majasari. terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik pada prestasi matematika siswa yang diajar dengan PMRI dibandingkan dengan yang diajar dengan paradigma yang lebih tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. 4(3), 579–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.579-586

Darmawan, B. R., Puspitorini, A., Puspitorini, A., & Minggani, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap HAsil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 4(2), 91–96. https://doi.org/10.36379/jipm.v4i2.390

Fahlevi, M. S., Zanthy, L. S., & Barat, J. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. 3(4), 313–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.313-322

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Hermawan, R. (2020). Evaluasi Program Diklat Matematika Dengan Pendekatan Pmri Di Bdk Palembang. Jurnal Perspektif, 13(2), 122–128. https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.30

Nabillah, H., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia(Pmri) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Lubuklinggau. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(2), 133–145. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i2.2560

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Pamungkas, A., Dahlan, U. A., Saintifik, P., Indonesia, D., & Julie, M. (2021). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA ( PMRI ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 8(2), 29–35.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Refianti, R., Fauziah, A., Luthfiana, M., & Yanto, Y. (2022). Workshop Pembelajaran Menggunakan PMRI Guna Dituangkan Dalam Bentuk Lks. Jurnal PKM Linggau, 2(2), 32–36.

Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2000). Hans Freudenthal: A mathematician on didactics and curriculum theory. Journal of Curriculum Studies, 32(6), 777–796. https://doi.org/10.1080/00220270050167170

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Agus Setiawan, I., & U.S, S. (2024). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 1 Majasari . Jurnal Pendidikan, 33(2), 595–602. https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5297

Issue

Section

Artikel