Implementasi Nilai Ghaddul Bashar Dalam Menjaga Pergaulan Santri Di MA Al-Ikhwan Topoyo

Authors

  • Alfin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Muhammad Arifin Rahmanto Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5526

Keywords:

Ghaddul bashar, pergaulan santri, MA Al-Ikhwan Topoyo

Abstract

Salah satu tujuan utama pendidikan agama Islam adalah membentuk akhlak peserta didik menjadi mulia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya dampak buruk yang diakibatkan oleh kebebasan tanpa batas pada remaja yang sedang duduk di bangku sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai ghaddul bashar dalam menjaga kerukunan santri di MA Al-Ikhwan Topoyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, kegiatan belajar santri, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan nilai ghaddul bashar di madrasah aliyah Al-Ikhwan Topoyo telah diterapkan dengan baik dan mampu menjadi solusi dalam menjaga hubungan antara santri dengan santriwati. Program-program maupun kebijakan yang dilakukan oleh madrasah aliyah Al-Ikhwan Topoyo seperti mewajibkan berbusana syar'i, membatasi ruang interaksi, melarang komunikasi antara santri dengan santriwati, dan gerakan menundukkan pandangan terhadap lawan jenis menjadi solusi yang efektif dalam menjaga hubungan antara santri dengan santriwati . .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yadi, R. (2023). Menjaga Pandangan Perspektif al-Qur’an Pada Surah an-Nur:30 (Studi Komparatif Tafsir al-Misbah, al-Azhar, dan Tafsri al-Maraghi. IAIN Curup, 13(1), 104–116. https://e-theses.iaincurup.ac.id/3869/1/skirpsi Riski.pdf

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Alfin, & Rahmanto, M. A. (2024). Implementasi Nilai Ghaddul Bashar Dalam Menjaga Pergaulan Santri Di MA Al-Ikhwan Topoyo. Jurnal Pendidikan, 33(2), 603–612. https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5526

Issue

Section

Artikel