Lagu menghubungkan masa lalu dengan masa kini: Analisis sosiolinguistik pertunjukan Didi Kempot

Authors

  • Sri Hesti Heriwati Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • Sularso Sularso Scopus ID: 57221964457, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2835

Keywords:

Sosiolinguistik pertunjukan, Didi Kempot, Sobat Ambyar, Etnografi Virtual, Ekspresi berbahasa

Abstract

Ini adalah penelitian interdisiplin yang membahas fakta bahasa, sosial, dan fenomena pertunjukan Didi Kempot. Tinjauan sosiolinguistik pertunjukan digunakan sebagai paradigm kajian untuk melihat karya panggung Didi Kempot. Penelitian ini melihat bahwa terdapat hubungan yang menarik antara panggung pertunjukan Didi Kempot dengan bahasa pertunjukan. Penelitian ini memandang, panggung pertunjukan Didi Kempot tidak hanya bertindak sebagai tempat penelitian sosiolinguistik pertunjukan, tetapi juga secara bersamaan menjadi alat dan kerangka kerja bagi penelitian sosiolinguistik, sehingga kajian ini memiliki manfaat yang cukup signifikan dalam kajian interdisiplin, yakni hubungan antara musik, fenomena social, dan fenomena berbahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat konektivitas masa lalu ke sekarang melalui lagu dalam tinjauan sosiolinguistik pertunjukan pada karya-karya panggung pertunjukan Didi Kempot. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode etnografi virtual. Data dikumpulkan dengan teknik observasi lapangan dan terlibat dalam ruang virtual internet dengan masuk ke grup-grup “Sobat Ambyar Didi Kempot” yang ada di telegram, Instagram, dan facebook. Sedang pengamatan atas pertunjukan Didi Kemepot dilakukan dengan menggunakan platform youtube. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi terlebihdahulu indeksikalitas bahasa yang berpadu dengan pertunjukan musik, gerakan dan respon penonton terhadap penampilan Didi Kempot di panggung pertunjukan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, transmisi nilai-nilai budaya, dan makna konseptual bahasa pertunjukan menjadi ruang ekspresi bagi “Sobat Ambyar Didi Kempot,” kami juga melihat bagaimana sosiolinguistik pertunjukan mampu menunjukkan berbagi ragam budaya berbahasa dalam panggung pertunjukan, seperti munculnya istilah sobat ambyar, cendol dawet, raja campursari, Godfather of Broken Heart, Lord Didi, patah hati tanpa harus merasakan cinta, sebagai ekspresi berbahasa dalam panggung pertunjukan Didi Kempot.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sularso Sularso, Scopus ID: 57221964457, Universitas Ahmad Dahlan

SCOPUS ID: 57221964457

References

Abdi, Anya Shabila, Arifatul Nur Hotimah, Dinda Dwi Rahmawati, Laila Bayyinatul Musdika Alfi, and Maharani Sri Devi. 2020. “Syair-Syair Patah Hati: Kajian Semiotika Lagu-Lagu Didi Kempot Dalam Era Disrupsi.” In UNEJ E-Proceeding, 272–87.

Achsani, Ferdian. 2019. “Sastra Dan Masyarakat: Fenomena Ambyar Pada Lirik Lagu Didi Kempot.” ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia 2 (2): 153–70.

Adli, Aria, and Gregory R Guy. 2022. “Globalising the Study of Language Variation and Change: A Manifesto on Cross‐cultural Sociolinguistics.” Language and Linguistics Compass 16 (5–6): 1–15.

Bakhtin, Mikhail Mikhaĭlovich. 2010. “Speech Genres and Other Late Essays.” In Speech Genres and Other Late Essays (Ed. Caryl Emerson and Michael Holquist, Trans. Vern W. McGee), 60–102. Austin, Texas: University of Texas press.

Bell, Allan. 2008. “The Sociolinguistics of Voice.” In Keynote Address Presented to the 11th New Zealand Language and Society Conference, University of Otago, 17–18.

Brown, Steven, Michael J. Martinez, and Lawrence M. Parsons. 2006. “Music and Language Side by Side in the Brain: A PET Study of the Generation of Melodies and Sentences.” European Journal of Neuroscience 23 (10): 2791–2803. https://doi.org/10.1111/j.1460-9568.2006.04785.x.

Eckert, Penelope. 2008. “Variation and the Indexical Field 1.” Journal of Sociolinguistics 12 (4): 453–76. https://doi.org/10.1111/j.1467-9841.2008.00374.x.

Gani, Yola Damayanti, and Willy Chandra. 2007. “Campursari Ala Didi Kempot: Perempuan Dan Laki Laki Jawa Mendobrak Patriarki.” Scriptura 1 (1): 87–102.

Heugh, Kathleen, Christopher Stroud, Kerry Taylor-Leech, and Peter I De Costa. 2021. “A Sociolinguistics of the South.” In A Sociolinguistics of the South, 1–19. Routledge.

Ismail, Fajar Dwi, Benedictus Sudiyana, and Sri Wahono Saptomo. 2020. “Citraan Personifikasi Dalam Lirik Lagu-Lagu Campursari Didi Kempot.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (3): 121–33.

Jentschke, Sebastian, Stefan Koelsch, Stephan Sallat, and Angela D.

Friederici. 2008. “Children with Specific Language Impairment Also Show Impairment of Music-Syntactic Processing.” Journal of Cognitive Neuroscience 20 (11): 1940–51. https://doi.org/10.1162/jocn.2008.20135.

JheJhe Official. 2019. “Cidro Lagu Gawe Baper Sampe Nangis.” Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=_iTx5w-O5Ls.

Jolly, Yukiko S. 1975. “The Use of Songs in Teaching Foreign Languages.” The Modern Language Journal 59 (1/2): 11–14.

Karlander, David. 2021. “Cities of Sociolinguistics.” Social Semiotics 31 (1): 177–93. https://doi.org/10.1080/10350330.2020.1810550.

Kusters, Annelies, and Ceil Lucas. 2022. “Emergence and Evolutions: Introducing Sign Language Sociolinguistics.” Journal of Sociolinguistics 26 (1): 84–98.

Netmediatama. 2019. “Didi Kempot Dan Sobat Ambyar Orchestra.” Indonesia: Net TV. https://www.youtube.com/watch?v=ESsiMQngCNM.

Rachmatdana, Andre, Anif Fatma Chawa, and Mohamad Anas. 2021. “Pemaknaan Komunitas Sobat Ambyar Terhadap Lagu Didi Kempot Sebagai Nilai-Nilai Penguatan Karakter.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 5 (2): 101–16.

Silverstein, Michael. 2003. “Indexical Order and the Dialectics of Sociolinguistic Life.” Language & Communication 23 (3–4): 193–229. https://doi.org/10.1016/S0271-5309(03)00013-2.

Siregar, Iskandarsyah. 2021. “Epistemological Challenges Against Sociolinguistics.” International Journal of Linguistics Studies 1 (2): 37–42.

———. 2022. “Criticism of Philosophical Approaches to Sociolinguistics.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 5 (1): 5267–75.

Solo Raya TV. 2019. “Fans Didi Kempot Nangis Lagu Cidro.” Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=PaeMTyXPf3I.

Taylor, Talbot J. 2000. “Language Constructing Language: The Implications of Reflexivity for Linguistic Theory.” Language Sciences 22 (4): 483–99. https://doi.org/10.1016/S0388-0001(00)00016-4.

Trans7 Official. 2019. “The Godfather of Broken Heart "Konangan Concert”.” Indonesia: Trans7. https://www.youtube.com/watch?v=3y9pS3qqzMA.

Werner, Riah. 2018. “Music, Movement and Memory: Pedagogical Songs as Mnemonic Aids.” TESOL Journal 9 (4): 1–11. https://doi.org/10.1002/tesj.387.

Published

2022-10-31

How to Cite

Heriwati, S. H., & Sularso, S. (2022). Lagu menghubungkan masa lalu dengan masa kini: Analisis sosiolinguistik pertunjukan Didi Kempot. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2835

Issue

Section

Artikel