Realisme Magis dalam Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono

Penulis

  • Onok Yayang Pamungkas Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Silmi Zulaikha Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Diah Ana Khusnul Khotimah

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2342

Kata Kunci:

Sang Nyai 3, Realisme magis, Novel, Sastra, Budi Sardjono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplanasi Novel Sang Nyai 3 dalam perspektif realisme magis. Paradigma penelitian adalah kualitatif. Data penelitian adalah teks wacana Novel Sang Nyai 3 yang mengandung unsur realisme magis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi realisme magis dalam Novel Sang Nyai 3 mengisahkan kehidupan sosial Jawa dengan berbagai fenomena transendental magis. Unsur magis dalam novel terbagi dalam tiga, yaitu 1) karakteristik elemen tak tereduksi; 2) dunia fenomenal; 3) dirupsi waktu, ruang, dan identitas. Novel Sang Nyai 3 terpengaruh kulkur Jawa dan literatur klasik. Implikasi penelitian adalah bahwa sastra merupakan salah satu media untuk pelestarian mitos dari kultur tertentu.


Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aldea, Eva. (2012). Magical Realism and Deleuze: The Indiscernibility of Difference in Postcolonial Literature (Review). The Comparatist. Vol. 36. https://doi.org/10.1353/com.2012.0005.

Bowers, Maggie Ann. (2004). Magic(Al) Realism: The New Critical Idiom. London and New York: Routledge. http://mey.homelinux.org/companions/Maggie Ann Bowers/Magic(al) Realism (801)/Magic(al) Realism - Maggie Ann Bowers.pdf.

Chang, Yuan-chin. (2016). “Magic Realism, Neurodiversity, and Carnivalesque in James McBride’s Song Yet Sung.” International Journal of Comparative Literature and Translation Studies 4 (2): 1–4. https://doi.org/10.7575/aiac.ijclts.v.4n.2p.38.

Creswell, John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. New Delhi: Sage Publications, Inc.

Endraswara, Suwardi. (2003). Mistik Kejawen: Sinkretisme, Simbolisme, Dan Sufisme Dalam Budaya Spiritual Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Faris, Wendy. (2002). “The Question of the Other: Cultural Critiques of Magical Realism.” Janus Head 5 (2): 101–19.

Faris, Wendy B. (2004). Ordinary Enchantments Magical Realism and the Remystifi Cation of Narrative. Nashville: Vanderbilt University Press.

Geertz, Clifford. (2013). Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi. Depok: Komunitas Bambu.

Heriyanto, Husain. (2019). “Spiritualitas, Transendensi Faktisitas, Dan Integrasi Sosial.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 16 (2): 145. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2384.

Irwin, Lee. (2020). “Supernal Dreaming: On Myth and Metaphysics.” Religions 11 (11): 1–25. https://doi.org/10.3390/rel11110552.

Mossner, A.W. Von. (2019). “Why We Care about (Non)Fictional Places: Empathy, Character, and Narrative Environment.” Poetics Today 40 (3): 559–77. https://doi.org/10.1215/03335372-7558150.

Mulia, Sandra Whilla. (2004). “Realisme Magis Dalam Novel Simple Miracles Doa Dan Arwah Karya Ayu Utami.”

Pamungkas, Onok Yayang. (2021). Eko-Sufisme Jawa: Representasi Ekokritik Dalam Sastra. Yogyakarta: Lintas Nalar.

Pamungkas, Onok Yayang, Sahid Teguh Widodo, Suyitno, and

Suwardi Endraswara. (2019). “Environmental Wisdom: An Observation of Ecocriticism towards the Javanese Cyber Literature in 20th Century.” Intenational Journal of Advanced Science and Technology 28 (10): 46–60. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/981.

Ratna, I Nyoman Kutha. (2013). Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Cetakan XI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rhoziqin, Ahmad, and Budi Tri Santosa. (2020). “Unsur Realisme Magis Dalam Cerpen In The Dark.” Prosiding Seminar Nasional Unimus 3: 247–54.

Rofiah, and Deny Sulistiyo. (2019). “Analisis Konflik Tokoh Utama Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono Dan Hubungannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.” IKIP PGRI Bojonegoro.

Sardjono, Budi. (2018). Sang Nyai 3. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, Fredy Nugroho, M Andhy Nurmansyah, Rizki Nufiarni, and

Scarletina Vidyayani Eka. (2018). “Manifestasi Kearifan Ekologis Dalam

Ritual ‘Karo’ Dan ‘Kasada’: Sebuah Perspektif Ekokritik.” Atavisme 21 (2): 209. https://doi.org/10.24257/atavisme.v21i2.455.209-223.

Sholichah, Imro’atus. (2020). “Realisme Magis Wendy B . Faris Dalam Novel Maddah Karya Risa Saraswati.” Bapala 7 (1): 1–9.

Stake, Robert E. (2010). Qualitative Research: Studying How Things Work. London and New York: The Guilford Press.

Valikova, O. (2018). “Creativity in the Context of Kazakh Prose: Why Masks Wonder around | Kūrybiškumas Kazachų Prozos Kontekste: Kodėl Kaukės Kelia Susidomėjimą.” Creativity Studies 11 (2): 244–57. https://doi.org/10.3846/cs.2018.6172.

Widijanto, Tjahjono, Herman J. Waluyo, Suyitno, and Suminto A.

Sayuti. (2020). “Ramayana Myth

Retold in Hubbu and Kitab Omong Kosong.” Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities 12 (1): 1–12. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v12n1.28.

Zulkarnain, Jaka Ahmad, and Wiyatmi. (2018). “Dekonstruksi Femininitas Dalam Novel-Novel Karya Eka Kurniawan: Dari Pekerjaan Sampai Kecantikan.” Jurnal POETIKA 6 (2): 109–21. https://doi.org/10.22146/poetika.40188.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Pamungkas, O. Y., Zulaikha, S., & Ana Khusnul Khotimah, D. (2022). Realisme Magis dalam Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono. Kawruh: Journal of Language Education, Literature, and Local Culture, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2342

Terbitan

Bagian

Artikel