Inovasi Media Pembelajaran Scrapbook Aksawa untuk Belajar Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Astuti Monika Asti Widya Sekolah Dasar Don Bosco III
  • Trisharsiwi Trisharsiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Setyawan Arya Dani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v6i2.5600

Abstrak

Bahasa Jawa merupakan muatan lokal wajib di sekolah dari tingkat dasar sampai menengah yang diberlakukan di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY. Namun pelajaran Bahasa Jawa khususnya materi aksara Jawa bagi sebagian anak dianggap sulit. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di beberapa SD di Jateng dan DIY diketahui hampir 90% siswa mengalami kesulitan membaca maupun menulis menggunakan aksara Jawa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan memberikan salah satu alternatif solusi melalui pengembangan media pembelajaran berupa Scrapbook Aksawa agar siswa lebih termotivasi untuk belajar aksara Jawa

Penelitian ini menggunakan desain research and development (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru sekolah dasar di Jateng dan DIY. Penilaian kelayakan media divalidasi oleh ahli materi dan validator ahli media, serta praktisi guru kelas sekaligus sebagai guru pengampu mata pelajaran bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menghasilkan produk yakni berupa media Scrapbook Aksawa. Berdasarkan penilaian ekspert, praktisi dan respon siswa, media Scrapbook Aksawa dapat dinyatakan sangat layak digunakan untuk media belajar aksara Jawa di SD dengan rerata skor 92,41 dengan kriteria sangat baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Masjid, A., & Arief, A. (2016). Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa pada siswa kelas 5 SD Negeri Blimbing 4. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).

Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. ., 1(5), 468–478.

Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan media scrapbook pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas I sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185–194.

Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara (Jilid 1 Pendidian): Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka. Yogyakarta: UST Press dan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hayati, T. U. F. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 8–15.

Hijjah, N., & Bahri, S. (n.d.). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai.

Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa Jawa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN Sambiroto 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149–158. https://doi.org/10.21009/JPD.010.15

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Mudinillah, A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD 03 KOTO PULAI: KineMaster Application in Creating Learning Videos at SD 03 Koto Pulai. Jurnal Teknodik, 183–198.

Novianti, D. A., & Susilowibowo, J. (2015). Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 03(01), 1–9.

Pitarto, E. (2018). Mengenal Aksara Jawa dengan Metode AMBAR. Komunitas Wedangjae.

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Rahmawanti, N., Mashuri, M. T., & Nurjanah, N. (2020). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 94. https://doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Setyowati, N. A., Yustiana, S., & Ulia, N. (2021). Pengembangan Buku Membaca Permulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 23.

Suryani, K. A., & Sunarti, S. (2021). Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas IV SDIT AL-Umar Ngargosoka Srumbung Magelang. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 29–33.

Syahrum, S., Sastrio, T. B., & Purnamasari, H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02).

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan media scrapbook pada materi pengelompokan hewan untuk siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Sekolah, 2(2), 124–130.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, action research, research and development (R&D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Al Masjid, A., Monika Asti Widya, A., Trisharsiswi, T., & Arya Dani, S. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Scrapbook Aksawa untuk Belajar Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar. Kawruh: Journal of Language Education, Literature, and Local Culture, 6(2), 80–90. https://doi.org/10.32585/kawruh.v6i2.5600

Terbitan

Bagian

Artikel