Penggunaan Media Aksara Jawa Digital Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa

Penulis

  • Ismiati Universitas Negeri Surabaya
  • Darni Universitas Negeri Surabaya
  • Resdianto Permata Raharjo Universitas Negeri Surabaya
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v7i1.6593

Abstrak

Aksara Jawa merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang memiliki nilai histori, filosofis, dan estetis tinggi. Minat siswa terhadap pembelajaran aksara Jawa  cenderung rendah karena media pembelajaran  dinilai kurang adaptif terhadap  perkembangan teknologi digital. Solusi yang ditawarkan adalah penggunaan media aksara Jawa digital dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan media aksara Jawa digital.  Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penggunaan media aksara Jawa digital dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode  kajian Pustaka (literatur review), bersumber dari jurnal ilmiah, buku, laporan penelitian dan artikel konferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aksara Jawa digital pada android, laptop, platform, Canva, e-learning berbasis web secara signivikan dapat menumbuhkan minat, motivasi dan ketertarikan siswa terhadap aksara Jawa. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan media aksara Jawa digital dalam pembelajaran efektif menumbuhkan minat menulis aksara Jawa siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya W. Mahastama, Lucia D. Krisnawati, and Laurentius Kuncoro Probo Saputra. (2022). “Pemanfaatan E-Learning Untuk Inovasi Pembelajaran Aksara Jawa Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas.” Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (1): 415–23. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.75.

Ahmadi, Anas. (2022). “PENELITIAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS.” EDU SCIENCE.

Angely Noviana Ramadani. (2023). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Study Literatur).” PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI 2 (6): 784–808.

Azkia, Nada Fatiyyah, Abdul Muin, and Ahmad Dimyati. (2023). “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 6 (5): 1873–86. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629.

Bergerhausen, Helmig. (2022). “Digital Preservation of Indigenous Languages: At the Intersection of Technology and Culture,” no. February 2024, 1–8.

Board, Coordination. (2021). “Cypriot Journal of Educational Teaching Creative (Literary) Writing: Indigenous Psychological Perspective.” Cypriot Journal of Educational Sciences 16 (4): 1422–33.

Budiarto, A. n.d. “Aksara Jawa Dan Teknologi Digital.” Kongresaksarajawa.Id. https://kongresaksarajawa.id/wp-content/uploads/2019/11/isu-teknologi-aksara-jawa.pdf.

Dhiya Rahma, Nada Nupus Ihwani, and Nadila Sofia Hidayat. (2024). “Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 4 (2): 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298.

DIY, Tim Bahasa Dan Sastra Disbud. (2022). BUKU PANDUAN PRAKTIS PAWIYATAN JAWA, AKSARA JAWA, SESORAH, BUSANA JAWA. 1, April 2 ed. Kota Yogyakarta: Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan).

Efendi, Rizal, Sukamto, and Khusnul Fajriah. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran ‘Si Raja’ Berbasis Android Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas V Sekolah Dasar.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9 (1): 447–59. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.716.

Hapsari, Estuning Dewi, and Yoga Prisma Yuda. (2022). “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Berbasis Mobile Terhadap Prestasi Siswa.” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9 (2): 351–61. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.475.

Hartiyani, Selvi Dwi, Agung Prayogo, and Erlinawati Erlinawati. (2023). “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar.” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 10 (2): 679–93. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.805.

Hasyim, Universitas. (2024). “Pengembangan Kartu Edukasi Aksara Jawa Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Di Madrasah Ibtidaiyah Introduction Pembelajaran Bahasa Jawa Merupakan Bagian Integral Dari Pelestarian Budaya . Bahasa Jawa Merupakan Salah Satu Kekayaan Budaya Indonesia Dan Sekaligus.” Jurnal Tarbawi 14 (September): 28–38.

Indah, Dyan, Purnama Sari, Biya Ebi Praheto, and Dinar Westri Andini. (2024). “Taman Aksara: Pembelajaran Aksara Jawa Melalui Permainan Tradisional Berbasis Ajaran Tamansiswa Pada Komunitas LUKU Dusun Sarekan , Canden , Kabupaten Bantul Organisasi Pendidikan , Ilmu Pengetahuan Dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa Arab , Dan Je” 5 (3): 248–67.

Jonathan, Alvin, and Ito Wasito. (2023). “Perancangan Aplikasi Pengenalan Aksara Jawa Digital Menggunakan Convulotional Neural Network Dan Computer Vision.” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 3 (2): 364–77. https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.209.

Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya.

Leo Pradana, Hendri, and Henny Dewi Koeswanti. (2021). “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (Ambarawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (2): 797–807. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1127.

Maulana, Muhammad Iqbal. (2024). “Menurunnya Minat Tulisan Aksara Jawa Di Lingkup Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Sunan Ampel Surabaya.” HEURISTIK: Jurnal Pendidikan Sejarah 3 (2): 62–76. https://doi.org/10.31258/hjps.3.2.62-76.

Mawarini. (2023). “Penerapan Model Make A Match Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Kalimat Huruf Jawa Kelas IV SDN Sumberejo 02 Batu.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora 2 (4): 2152–79.

Mutawally, Anwar Firdaus, and Wawan Darmawan. (2023). “Kehidupan Sosial-Ekonomi Suku Jawa Di Suriname Pada Masa Kolonial Belanda (1890-1975).” ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 1 (8): 803–14. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.741.

Ningsih, Lissa Rahayu, and H Subrata. (2022). “Efektivitas Penggunaan Media Kartu Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Legena Di Kelas Awal Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10 (9): 1953–63.

Qariru, Davin Elian, Muhammad Fajrulfalaq Izzulfirdausyah Suryaprabandaru, Fikriansyah Ridwan Pratama, Salsabila Eka Fadila, Veronica Tia Ningrum, Ahmad Nasikun, and Akhmad Bagus Nuryanto. (2024). “Inovasi Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Permainan Edukatif Digital Berbasis Augmented Reality Pada Peserta Didik SMP Negeri 1 Nglipar.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 (3): 1746–52. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1381.

Rejeki, Sri. (2024). “Peningkatan Minat Membaca Dan Menulis Pada Siswa SB Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia Melalui Media Gambar.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhakti Luhur 10 (2): 1–11.

Rinata, Septian, Agus Yuwono, Nur Hanifah Insani, Pendidikan Bahasa, Sastra Jawa, Fakultas Bahasa, Dan Seni, and Universitas Negeri Semarang. (2023). “Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa PENGEMBANGAN MEDIA JENGA AKSARA JAWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS TEKS BERHURUF JAWA.” Piwulang 11 (1): 92–109. https://doi.org/0.15294/piwulang.v11i1.57806.

Se, DR. Hendra, Hery Afriadi. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa. Vol. 1. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/195.

Setiyo Adi Nugroho, and Risti Wulandari. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Interaktif Multimedia (Studi Kasus SD Mardi Rahayu 01 Ungaran).” Pixel:Jurnal Ilmiah Komputer Grafis 13 (2): 21–36. https://doi.org/10.51903/pixel.v13i2.283.

Setyawan, Agung vendi. (2023). “Revitalisasi Aksara Jawa Melalui Gaman Raja.” Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 115–28. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v9i2.138.

Syarifan Nurjan, M.A. (2015). Psikologi Belajar.

Tegar, Adhitya, Pratama Anwar, and Joko Sukoyo. (2025). “Efektivitas Model Pembelajaran Joyful Learning Pada Pembelajaran Aksara Jawa Dalam Pendekatan Kuantitatif The Effectiveness of the Joyful Learning Model in Javanese Script Instruct ... Efektivitas Model Pembelajaran Joyful Learning Pada Pembelajaran Aksar,” no. March. https://doi.org/10.30743/mkd.v9i1.10657.

Wijayanti, Ratna, Astiana Ajeng Rahadini, and Djoko Sulaksono. (2024). “Media Pembelajaran Kaligrafi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Aksara Jawa.” Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 8 (1): 59. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v8i1.74113.

Wittgenstein, Ludwig. (2021). “Stanford Encyclopedia of Philosophy,” 1–19.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-16

Cara Mengutip

Ismiati, Darni, Resdianto Permata Raharjo, & Anas Ahmadi. (2025). Penggunaan Media Aksara Jawa Digital Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa. Kawruh: Journal of Language Education, Literature, and Local Culture, 7(1), 66–81. https://doi.org/10.32585/kawruh.v7i1.6593

Terbitan

Bagian

Artikel