Kajian Garap Musikal Reog Bulkiyo di Kabupaten Blitar

Authors

  • Mujib Choirul Huda Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta
  • Siswati Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/keraton.v5i2.4837

Abstract

Jurnal berjudul “Kajian Garap Musikal Reog Bulkiyo di Kabupaten Blitar” mengungkap kajian garap musikal dari musik Reog Bulkiyo yang berkembang di Blitar, Jawa Timur. Dua permasalahan yang diungkap pada penelitian ini adalah: (1) Fungsi musik di dalam Pementasan Reog Bulkiyo di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dan (2) Keterkaitan musik dengan sajian Reog Bulkiyo di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kedua persoalan tersebut dikaji melalui konsep garap dari Rahayu Supanggah, dan konsep fungsi menurut Merriam. Penelitian ini mengikuti tiga tahap proses penelitian kualitatif: pengumpulan data, analisis, dan penyajian hasil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, menjelaskan fungsi musik dalam pementasan Reog Bulkiyo. Kedua , Keterkaitan musik dengan sajian pementasan Reog Bukiyo. Garap instrumen musik Reog Bulkiyo terdiri atas pola-pola sederhana, karena tujuan utama pementasan bukan terletak pada garap musikalnya, namun terpenuhinya kebutuhan masyarakat untuk memroses mekanisme emosional atas kejadian lampau yang pernah terjadi.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Artikel