Analisis Perilaku Penumpang Krl Commuter Line Solo Balapan – Yogyakarta Di Masa Pandemi Dan Pengaruhnya Terhadap Pola Perjalanan dan Pengaruhnya terhadap Pola Perjalanan

Authors

  • Tri Safira Indriani Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sodikin Sodikin Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Tantin Pristyawati Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v3i2.2239

Abstract

KRL Commuter Line merupakan transportasi pilihan yang  ramai diminati oleh masyarakat kota Solo Balapan – Yogyakarta sejak beroperasi Februari 2021. Beroperasinya KRL ditengah masa pandemi ini membuat pihak PT KAI menetapkan kebijakan yang lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perilaku penumpang terhadap pola perjalanan serta mengetahui pengaruh kebijakan yang direalisasikan oleh petugas operator KRL pada pola perjalanan. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner  yang dibagikan secara online, kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel dan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa t hitung (1,280) < t tabel (1,985), sehingga H1 ditolak atau tidak berpengaruh terhadap pola perjalanan. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel perilaku penumpang (X1) dan pandemi (X2) berpengaruh terhadap pola perjalanan penumpang KRL (Y) secara simultan sebesar 0,000 yang artinya sig < 0,05. Dan nilai f hitung (17,787) > f tabel (3,09). Yang artinya apabila kebijakan yang direalisasikan optimal serta penumpang mematuhi kebijakan tersebut maka keamanan dan kenyamanan yang dirasakan penumpang juga akan maksimal. Persentase pengaruh kedua variabel tersebut sebesar 25,1% yang dihitung melalui uji koefisien determinasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi Dalam Kajian dan Teori. Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik Universitas Dr. Moestopo Beragama.

Fay, D. L. (1967). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap kinerja Pegawai di Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang bandung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 62–76.

Fitria. (2013). Hubungan karakteristik sosial ekonomi dengan jarak perjalanan yang sesuai dari Kota Cimahi menuju Kota Bandung yaitu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 18210047, 1–13.

Lestari, I., & Hamid, R. S. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Kembali Layanan Transportasi Online Di Era Pandemi Covid-19. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35906/je001.v9i1.482

Lois, Y. W., Linggasari, D., & Angkat, H. (2021). Analisis Perilaku Penumpang Krl Bogor – Jakarta Kota Pada Masa Pandemi. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(1), 11. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmts/article/view/10464/6940

Pamungkas, W. G., Rahmawati, D., Anggraini, L., Sipil, T., Teknik, F., Semarang, U., Hatta, J. S., Kulon, T., & Tengah, J. (n.d.). Analisa Perilaku Pengguna Angkutan Umum Penumpang Antarmoda Kereta Api Kaligung Semarang-Tegal. 1–7.

Pemerintahan, P. I. (2019). Pengertian Kebijakan Pemerintahan. 1–16.

Pranata, S. (2010). Hubungan Aromaterapi Minyak Rosmarini terhadap Ketelitian dan Kewaspadaan. 1(18), 2002–2003.

Raharjo, S. (2019). Trik Analisis Regresi Linear Berganda Sekaligus Uji Asumsi Klasik dengan SPSS. X. http://youtu.be/CUDi5BFQOl0

Saekoko, A. N., Nyoko, A. E. L., & Fanggidae, R. P. C. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1), 49–64. https://doi.org/10.35508/jom.v11i1.2318

sugiyono. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Akutansi, 56–85.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 22–34.

v. M. buyanov. (1967). Pengaruh Variabel Harga, kualitas produk dan prmosi terhadap keputusan pembelian teh siap minum dalam kemasan merk “Teh Botol sosro” (Studi pada tempat makan bakso kikil siberut indah ponorogo). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–16.

Widiarta, I. B. P. (2010). Analisis Pemilihan Moda Untuk Perjalanan Kerja ( Studi Kasus : Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali ). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 14(2), 218–225.

Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., Wisnawa, G. A., Agustina, N. P. D., & Diantari, N. P. A. (2020). Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19 Dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 491.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Artikel