ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JL. KAPTEN MULYADI

Penulis

  • Muhammad Arifin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/modulus.v1i1.377

Abstrak

Jalan Kapten Mulyadi merupakan salah satu ruas jalan yang padat di Kota Surakarta. Kondisi lalu lintas di persimpangan Jl. Kapten Mulyadi sering terjadi kemacetan, penyebab utamanya adalah kinerja lampu lalu lintas yang kurang efektif dan volume lalu lintas yang melewati jalan tersebut melebihi dari pada kapasitas dasar. Faktor lain yaitu karena penyempitan, sumber arus lalu lintas dari 3 ruas jalan (Jl. Mayor Sunaryo, Jl. Demangan, Jl. Kapten Mulyadi) yang masuk ke ruas Jl. Kapten Mulyadi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisa perrmasalahan kemacetan dan volume kendaraan yang melewati Jl. Kapten Mulyadi serta kapasitas ruas Jl. Kapten Mulyadi. Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa panjang antrian lengan Selatan (Jl. Kapten Mulyadi) 62,55 m, lengan Timur (Jl. Untung Suropati) 23,30 m, lengan Barat (Jl. Untung Suropati) 15,78 m, dan lengan Utara (Jl. Kapten Mulyadi) 260,25 m dengan waktu siklus total 113 detik dan derajat kejenuhan (DS) tertinggi 1,398. Maka rekomendasi (alternatif I perancangan waktu siklus) dengan waktu siklus 121 detik, derajat kejenuhan (DS) tertinggi 1,320. Alternatif II perancangan waktu siklus dan pelebaran 1 m untuk masing – masing bahu jalan kanan – kiri, dengan waktu siklus 131 detik dan derajat kejenuhan tertinggi 1,046.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahsan, N. 2015. Simpang Ber-Apill.

http://tingkatkeselamatanjalan.blogspot.com/2015/simpang-berhttp://tingkatkeselamatanjalan.blogspot.com/2015/simpang-ber-apill_17.html?m=1apill_17.html?m=1 (diakses pada tanggal 3 November 2018).

Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta. Direktorat Jendral Bina Marga.

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-28

Terbitan

Bagian

Artikel