Analisis Penanganan Longsoran Double Track Muaraenim - Muaralawai Km.398 + ½Analisis Penanganan Longsoran Double Track Muaraenim - Muaralawai Km.398 + ½
DOI:
https://doi.org/10.32585/modulus.v6i2.6159Abstrak
Kereta api adalah salah satu jenis transportasi darat dengan karakteristik dan keunggulan khusus, terutama dalam hal kemampuannya untuk mengangkut penumpang dan barang secara massal. Kereta api efisien dalam hal penggunaan energi, ruang, dan bahan bakar, serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan pencemaran yang rendah. Ini juga lebih efektif untuk transportasi jarak jauh maupun dalam kota. Angkutan kereta api yang melayani publik harus beroperasi dengan aman. Adanya amblesan di jalur kereta api antara Stasiun Muaraenim - Stasiun Muaralawai. sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk mendukung kelancaran pelayanan angkutan barang khususnya batu bara yang berada di Daerah Sumatera Bagian Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketahanan lereng di jalur kereta api Muaraenim -Muaralawai KM.398 + 1/2 dengan menggunakan softwere Plaxis 2D version 22.1.0.452. Pada penerapan program Plaxis 2D, digunakan model Mohr-Coulomb digunakan untuk tanah. Data dari Bore Log dianggap air tidak bisa keluar masuk tanah, yang berarti air tidak bisa mengalir serta tingkat permeabilitas tanah dianggap kurang. Tanah yang ditimbun juga diperlakukan sebagai kondisi dimana air tidak mampu keluar masuk tanah, sedangkan batu kapur menggunakan tipe air tidak bisa keluar masuk tanah dengan permeabilitas tanah rendah. Kondisi tanah dinilai drained, dan Limestone memakai type drained. Hasil evaluasi kestabilan lereng di wilayah yang mengalami penurunan tanah diperoleh dengan menggunakan perangkat lunak Plaxis 0,04 cm dengan factor keamanan FS 2,738 analisis dilakukan dengan kondisi asli tanpa beban.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sularno, Ahmad Hidayawan, Bagas Wahyu Adhi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.