PENGARUH GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.310Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, pembelajaran dengan model pembelajaran GI atau dengan model pembelajaran konvensional, (2) Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang atau rendah, dan (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dengan ANAVA dua jalan sel tak sama, menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran GI dan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar (Fa = 11, 7464 > 4,001 = F0,05;1;60). (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada materi bangun ruang sisi datar (Fb = 39,4458 > 3,150 = F0,05;2;60). (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar (Fab = 0,4116 < 3,150 = F0,05;2;60).Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-08-13
How to Cite
Afifah, I. E., Susilowati, D., & Exacta, A. P. (2019). PENGARUH GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Absis: Mathematics Education Journal, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.32585/absis.v1i1.310
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Absis: Mathematics Education Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.