PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PENGOLAHAN TEH HITAM ORTODOX MENGGUNAKAN METODE DMAIC DI PT. PAGILARAN

Authors

  • Yusrina Maghfiro Universitas Muhammadiyah Malang
  • Damat Damat Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hanif Alamudin Manshur Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/ags.v7i1.3635

Keywords:

DMAIC, Kualitas, Ortodoks, Teh Hitam

Abstract

Unit Produksi Pagilaran (PT. Pagilaran) yang terletak di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah merupakan perusahaan yang memproduksi jenis teh hitam (ortodox) yang di didistribusikan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Namun, terdapat beberapa permasalahan terkait proses produksi yang dapat menyebabkan adanya penurunan kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis terhadap proses pengolahan teh hitam di PT. Pagilaran dengan menggunakan metode DMAIC serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengolahan dan kualitas produk akhir produk teh hitam Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang sesuai dengan tahapan pelaksanaan lean six Sigma. Tahapan pelaksanaan Six Sigma adalah DMAIC (Define – Measure - Analyze – Improve - Control). Berdasarkan analisis terhadap cacat produk pada PT. Pagilaran menggunakan metode DMAIC diketahui penyebab dari timbulnya cacat produk pada proses pengolahan teh hitam dipengaruhi 5 faktor yaitu man (manusia), mechine (mesin), materials (material), methods (metode) dan mileu (lingkungan) sehingga perlu dilakukan peningkatan untuk meningkatkan kualitas menggunakan alat berupa five M-checklist sehingga dapat dilakukan upaya perbaikan untuk mengurangi penyebab terjadinya cacat produk

References

Asih, E. W., Rif'ah, M., dan Pohandry, A. 2021. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Teh Hitam dengan Pendekatan Lean-Six Sigma Method di PT. Teh XY. Journal of Industrial and Engineering System, 2(2), 136-145.

Badan Standarisasi Indonesia. 2016. (SNI 1902:2016. Teh hitam. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Caesaron, D., dan Simatupang, S. Y. P. 2015. Implementasi pendekatan DMAIC untuk perbaikan proses produksi pipa PVC (studi kasus PT. Rusli Vinilon). Jurnal Metris, 16(02), 91-96.

Dewi, A. A. dan Yuamita, F. 2022. Pengendalian Kualitas Pada Produksi Air Minum Dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(I), 15-21.

Indrawansyah, I., dan Cahyana, B. J. 2019. Analisa Kualitas Proses Produksi Cacat Uji Bocor Wafer dengan menggunakan Metode Six Sigma serta Kaizen sebagai Upaya Mengurangi Produk Cacat Di PT. XYZ. Prosiding Semnastek.

Januar, M., Astuti, R., dan Ikasari, D. M. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Pada Proses Pengeringan Teh Hitam Dengan Metode SIX-Sigma Studi Kasus di PTPN XII (Persero) Wonosari, Lawang. Jurnal Teknologi Pertanian, 15(1), 37-46.

Lelita, D. I., Rohadi, R., dan Putri, A. S. 2013. Sifat Antioksidatif Ekstrak Teh (Camellia Sinensis Linn.) Jenis Teh Hijau, Teh Hitam, Teh Oolong dan Teh Putih dengan Pengeringan Beku (Freeze Drying). Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 13(1), 15-30.

Mutmainnah, N. 2017. Penentuan suhu dan waktu optimum penyeduhan batang teh hijau (Camelia Sinensis L.) terhadap kandungan antioksidan kafein, tanin dan katekin. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar.

Ramadian, D., Hidayat, R. A., dan Yetrina, M. 2022. Pengendalian Kualitas Proses Pengeringan Teh Hitam (Orthodoks) Menggunakan Metode Dmaic Di PT. Perkebunan Nusantara VIII Kebun Gedeh Mas, Cianjur. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri (PASTI), 16(1), 1-13.

Sirine, H., dan Kurniawati, E. P. 2017. Pengendalian kualitas menggunakan metode six sigma (Studi kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 2(03), 254-290.

Sriwijayanti, N., Saati, E. A., dan Winarsih, S. 2021. Karakterisasi Mutu Teh Hitam Metode CTC (Crushing, Tearing and Curling): Characterization of Black tea Quality in CTC (Crushing, Tearing and Curling) Method at PTPN XII District Bantaran Region Sirah Kencong. Pro Food, 7(2), 23-31.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Maghfiro, Y., Damat, D., & Manshur, H. A. (2023). PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PENGOLAHAN TEH HITAM ORTODOX MENGGUNAKAN METODE DMAIC DI PT. PAGILARAN. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(1), 112–125. https://doi.org/10.32585/ags.v7i1.3635