PEMILIHAN SUPPLIER PADA PT MITRA DESA PAMARICAN (PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Authors

  • Apdan Pebriana
  • Unang Unang
  • Dedi Darusman
  • Octaviana Helbawanti
  • Dwi Apriyani
  • Candra Nuraini

DOI:

https://doi.org/10.32585/ags.v7i2(is).4350

Abstract

Abstrak

Supplier berperan penting dalam sebuah perusahaan karena berperan sebagai penyedia bahan baku. Bahan baku diperlukan untuk melaksanakan kegiatan produksi dengan lancar. Dalam pemilihan supplier harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menyebabkan terganggunya proses produksi dan operasional perusahaan. Ketika mendapatkan pesanan yang mendadak dan dalam jumlah yang besar maka  perusahaan PT Mitra Desa Pamarican mengadakan musyawarah dan belum adanya prioritas supplier, kriteria dan subkriteria dalam menentukan keputusan pembelian bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria, subkriteria dan supplier prioritas dalam sebuah perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang dilaksanakan di PT Mitra Desa Pamarican Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat di peroleh 3 responden yaitu Direktur Utama, Manajer Pemasaran dan Manajer Produksi dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel pertimbangan (Judgement Sampling). Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Metode ini dihitung secara manual menggunakan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukan kriteria kualitas sebagai prioritas kriteria pertama dengan subkriteria memberikan kualitas yang konsisten menjadi prioritas pertama.  Prioritas kedua adalah kriteria kebijakan garansi dan klaim dengan subkriteria memberikan jaminan atau garansi terhadap barang menjadi prioritas pertama. Prioritas ketiga adalah kriteria harga dengan subkriteria cara pembayaran merupakan prioritas pertama. dan untuk supplier prioritas pertama adalah supplier 2 adalah Tengkulak Majenang dengan nilai bobot 2,395069606, supplier prioritas kedua yaitu supplier 3 adalah Tengkulak Karawang dengan nilai bobot 2,331940897, supplier prioritas ketiga yaitu supplier 1 adalah petani yang ada di Kecamatan Pamarican dengan nilai bobot 1,872989497.

Kata Kunci : Supplier, Analytical Hierarchy Process, Gabah

References

DAFTAR PUSTAKA

Amyriki, M., Mu’amar, M. F. F., & Hastuti, S. (2016). Analisis Pemilihan Supplier Gabah dengan Metode Analitycal Network Proces (ANP) (Studi kasus: Gudang Baru Bulog Gunung Gedangan, Mojokerto). Jurnal Rekayasa, 9(1), 1.

Dwiyana, R., Sitania, F. D., & ... (2018). Pemilihan Supplier Tandan Buah Segar (TBS) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan TOPSIS pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit. Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV, 89–98.

Eko Indrajit, R., & Djokopranoto, R. (2002). Konsep Manajemen Supply Chain Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan bagi Perusahaan Modern di Indonesia.

Gultom, Y. A., Nurika, R., Hidayati, F., Pratama, K. A., & Wijaya, S. (2022). Alternatif pengenaan pajak pertambahan nilai atas beras. JURNALKU, 2(4), 552–562.

Helbawanti, O., & Apriyani, D. (2022). Factors Affecting Delivery Performance of Pamarican District Farmers’ Unhulled Rice Grain Supply Chain System of Ciamis Regency with PT Mitra Desa Pamarican. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 5(1), 109–119. https://doi.org/10.22219/agriecobis.v5i1.18517

Herdi Rofadi, Firza Prima Aditiawan, R. M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Ahp Dan Saw Pada Apotek. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 2(2), 302–312.

Munthafa, A. E., & Mubarok, H.(2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem. Jurnal Siliwangi, 3(2), 192–201.

Saaty, T. L. & L. G. V. (1993). Models, Methods, Concept & Aplications of the Analytic Hierarchy Process. Internationel Series in Operations Research & Management Science. Second Edition (Vol. 24, Issue 2).

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sulistiana, W., & Yuliawati, E. (2018). Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). Jurnal Institut Teknologi Adhi Tama.

Widiyanesti, S., Setyorini, R., Cost, L., & Respon, Q. (2020). Penentuan Kriteria Terpenting Dalam Pemilihan Supplier Di Family Business Dengan Menggunakan Pendekatan Analytic Hierarchy Process (Ahp)(Studi Kasus Pada Perusahaan Garmen Pt. X). Jurnal Institut Manejemen Telkom.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Pebriana, A., Unang, U., Darusman, D., Helbawanti, O., Apriyani, D., & Nuraini, C. (2023). PEMILIHAN SUPPLIER PADA PT MITRA DESA PAMARICAN (PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS). Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(2(is), 78–85. https://doi.org/10.32585/ags.v7i2(is).4350