Upaya Peningkatan Teknik Dasar Sepak Bola melalui Metode Permainan Beregu pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.679Keywords:
metode permainan beregu, teknik dasar sepak bola, sekolah menengah pertamaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk meningkatkan hasil belajar Teknik Dasar Sepak Bola (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Teknik Dasar Sepak Bola melalui permainan beregu.
Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah metode pembelajaran Penilaian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Sampel diambil sebanyak 40 siswa yang dikelompokkan ke dalam dua siklus. Pelaksanaan Perlawanan (treatmen) diberikan selama delapan minggu dan dilaksanakan secara bertahap dengan mengerjakan program pembelajaran yang telah ditentukan. Data dikumpulkan dengan teknik free test dan post test. Hasil metode permainan beregu dapat diambil dengan teknik dasar sepak bola.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Melalui permainan beregu dapat meningkatkan Teknik Dasar Sepak Bola bagi siswa kelas VIII A SMPN 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali (2) Melalui permainan beregu dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali (3) Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola melalui permainan beregu pada pokok pembahasan Teknik Dasar Sepak Bola dapat meningkatkan ketuntasan belajar Teknik Dasar Sepak Bola.
Downloads
References
Arief, S Sadiman dkk. 2003. Metode Pendidikan. Jakarta. Rajawali.
Depdikbud. 1997, Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi, Jakarta.
Gunter, Benhard, 1993, Atletik, Jakarta: Efther & Dahara Prize Offset.
Harsono, 1998, Coaching dan Aspek-aspek dalam Coaching, Jakarta.
Jorach, U, Hagy.E. Krempel R, 1998, Atletik I, Jakarta : PT. Rosida Jaya Putra Offset.
Sukatamsi,1995, Sepak Bola, Teori dan Praktek Atlet I, Surakarta : Depdikbud, Universitas Sebelas Maret.
Mirdiyanto, 2011. Atletik. Teori Praktik, Semarang : Depdikbud Universitas Negeri Semarang
Oemar, H. Malik. 2000. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung. Transito
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.