Analisis Pengaruh Sifat Prokrastinasi pada Siswa SMA hingga Jenjang Universitas di Indonesia

Authors

  • Muhammad Rafi Kuntjoro Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.659

Keywords:

siswa, prokrastinasi, sekolah menengah atas

Abstract

Tujuan dari artikel telaah ini adalah untuk mengetahui pengaruh sifat prokrastinasi atau bisa disebut sebagai penundaan dalam artian menunda belajar atau mengerjakan tugas rumah siswa berpengaruh terhadap proses berlangsungnya kegiatan dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah jurnal nasional maupun internasional yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Dengan mengetahui dampak dan penyebab dari sifat prokrastinasi ini maka siswa dapat lebih efisien dalam melakukan manajemen waktu.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvira, M. (2014). Keefektifan teknik self management untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa SMP. Universitas Negeri Malang.

Artikadyar, N. (2017). Makna tugas menurut peserta didik (Suatu kajian penelitian mengenai tugas menurut peserta didik SMA Batik 1 Surakarta). SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 8(1).

Azar, F. S. (2013). Self-efficacy, achievement motivation and academic procrastination as predictors of academic achievement in pre-college students. Proceeding of the Global Summit on Education, 173–178.

Balkis, M. (2013). Academic procrastination, academic life satisfaction and academic achievement: the mediation role of rational beliefs about studying. Journal of Cognitive & Behavioral Psychotherapies, 13(1).

Balkis, M., & Duru, E. (2016). Procrastination, self-regulation failure, academic life satisfaction, and affective well-being: underregulation or misregulation form. European Journal of Psychology of Education, 31(3), 439–459.

Gillen‐O’Neel, C., Huynh, V. W., & Fuligni, A. J. (2013). To study or to sleep? The academic costs of extra studying at the expense of sleep. Child Development, 84(1), 133–142.

Glick, D. M., & Orsillo, S. M. (2015). An investigation of the efficacy of acceptance-based behavioral therapy for academic procrastination. Journal of Experimental Psychology: General, 144(2), 400.

Grunschel, C., Patrzek, J., & Fries, S. (2013). Exploring reasons and consequences of academic procrastination: An interview study. European Journal of Psychology of Education, 28(3), 841–861.

Haghani, H. (2014). The relationship between academic procrastination, academic achievement, and self-efficacy in nursing students of Tehran University of Medical Sciences. Iranian Journal of Medical Education, 14(1), 32–40.

Hakim, A. A., Lathifah, S. S., & Kurniasih, S. (2019). Implementasi pembelajaran biologi berbasis multiple intellegence di SMA Inkusi School of Human Jatisampurna-Bekasi. PEDAGONAL| JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 3(2), 56–69.

Iskender, M. (2011). The influence of self-compassion on academic procrastination and dysfunctional attitudes. Educational Research and Reviews, 6(2), 230.

Istidiana, L. F. (2018). Pengaruh pendidikan formal orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas xi ipsSMA Negeri 1 Bantar Bolang tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 279–287.

Jackson, D. M. H. (2012). Role of academic procrastination, academic self-efficacy beliefs, and prior academic skills on course outcomes for college students in developmental education. University of Georgia.

Karatas, H. (2015). Correlation among academic procrastination, personality traits, and academic achievement. Anthropologist, 20(1), 2.

Kennedy, G. J., & Tuckman, B. W. (2013). An exploration into the influence of academic and social values, procrastination, and perceived school belongingness on academic performance. Social Psychology of Education, 16(3), 435–470.

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri di kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 60–67.

Kim, S., Fernandez, S., & Terrier, L. (2017). Procrastination, personality traits, and academic performance: When active and passive procrastination tell a different story. Personality and Individual Differences, 108, 154–157.

Klassen, R. M., Ang, R. P., Chong, W. H., Krawchuk, L. L., Huan, V. S., Wong, I. Y. F., & Yeo, L. S. (2010). Academic procrastination in two settings: Motivation correlates, behavioral patterns, and negative impact of procrastination in Canada and Singapore. Applied Psychology, 59(3), 361–379.

Kurniawan, A. (2017). Hubungan antara minat belajar sejarah dengan prokrasinasi akademikpada mata pelajaran sejarah siswa kelas xi SMA Negeri 1 Ngimbang. Avatara, 5(1).

Legi, W. K., Asrowi, A., & Djannah, W. (2016). Modul Bimbingan Belajar untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMP. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 4(2).

Matar Boumosleh, J., & Jaalouk, D. (2017). Depression, anxiety, and smartphone addiction in university students-A cross sectional study. PLoS One, 12(8).

Milsted, B. (2010). A study of the impact of late night programming on student involvement at Rowan University.

Nurhasanah, N., Purwati, P., & Ahmad, H. (2018). Pengaruh Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Papua (UNIPA). Prosiding, 3(1).

Özer, B. U., & Saçkes, M. (2011). Effects of academic procrastination on college students’ life satisfaction. Procedia Social and Behavioral Sciences, 12(1), 512–519.

Paramita, E., Zakso, A., & Ulfah, M. (2013). Lingkungan sosial budaya sekolah (Pengaruh pada pembelajaran sosiologi di SMA Islamiyah Pontianak). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3).

Rahayu, R., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(5).

Saadah, F. N. (2017). Analisis persiapan siswa kelas xi ips SMA Negeri 1 Cangkringan dalam menghadapi tes hasil belajar pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(2), 55–66.

Seo, E. H. (2011). The relationships among procrastination, flow, and academic achievement. Social Behavior and Personality: An International Journal, 39(2), 209–217.

Seo, E. H. (2012). Cramming, active procrastination, and academic achievement. Social Behavior and Personality: An International Journal, 40(8), 1333–1340.

SULASTRI, S., & FIVENTI, A. D. (n.d.). Pengaruh Kecemasan, Motivasi Belajar, dan Disiplin Belajar Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Terhadap Hasil Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII.

Published

2020-05-31

How to Cite

Kuntjoro, M. R. (2020). Analisis Pengaruh Sifat Prokrastinasi pada Siswa SMA hingga Jenjang Universitas di Indonesia. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.659