Meningkatkan Kemampuan Memasang Baju Berkancing Menggunakan Video Tutorial Pada Anak Disabilitas Intelektual

Authors

  • Siska Mawita Universitas Negeri Padang
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang
  • Zulmiyetri Zulmiyetri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5485

Keywords:

Video Tutorial, Disabilitas intelektual, Memasang Baju Berkancing

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan di kelas IV SLB Negeri 2 Pariaman yang masih belum mampu memasang baju berkancing dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasang baju berkancing melalui video tutorial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR). Desain Penelitian yang digunakan adalah Desain A-B. Desain A-B terdiri dari 2 Kondisi yaitu Baseline (A1) dan B (Intervensi). Hasil Penelitian menunjukkan dalam 12 kali pertemuan, yaitu pada kondisi Baseline (A1) dengan presentase 33%,33%,33%,33%. Pada Kondisi Intervensi (B) dengan presentase 42%, 42%, 50%, 58%, 67%, 83%, 83%, 83%. Berdasarkan hasil presentase penelitian tersebut dan analisis data baik dalam kondisi dan antar kondisi Video Tutorial dapat meningkatkan kemampuan memasang baju berkancing bagi anak disabilitas intelektual ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Pariaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2).

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2019). Pengaruh pemanfaatan jurnal terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi genetika dan neurologi mahasiswa semester 1 jurusan PLB FIP Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 43–46.

Budi, S., Utami, I. S., Nurhastuti, Wulandari, N. L., & Jannah, R. N. (2021). Kesiapan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus dalam Pembelajaran Daring di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 67–71.

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Ani, N. A. (2021). Deteksi potensi learning loss pada siswa berkebutuhan khusus selama pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di sekolah inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613.

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2021). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 19–23.

Desriyani, Y., Nurhidayah, I., & Adistie, F. (2019). Burden of Parents in Children with Disability at Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Nurseline Jurnal , 4(1).

Andrian, D., Ardisal, A., Nurhastuti, N., Budi, S., & Triswandari, R. (2023). Efektivitas Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menanak Nasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18787–18791.

Giana, G. J., lutfi, S., & Jamaluddin, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Pada Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Sakra. Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1).

Iswari, M., Zulmiyetri, Z., Budi, S., Nurhastuti, N., & Ardisal, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring untuk Pengembangan Wirausaha bagi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 40–44.

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Ani, N. A. (2021). Deteksi potensi learning loss pada siswa berkebutuhan khusus selama pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di sekolah inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613.

Qolbi, Q., & Kasiyati, K. (2019). Meningkatkan Bina Diri bagi Anak Down Syndrom Melalui Model Explicit Instruction di kelas I/C. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2).

Anan, L. K., & Budi, S. (2024). Meningkatkan Bina Diri Mencuci Piring Melalui Metode Drill pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di SLBN 1 Sungai Aur. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(4), 621–628.

Marlina. (2021). Single Subject Research Penelitian Subjek Tunggal. Jurnal Pendidikan, 1–193.

Putri, M. M., Utami, I. S., Damri, & Budi, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Manik-Manik Melalui Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17225–17230.

Yulita, M., Budi, S., Iswari, M., Zulmiyetri, & Safaruddin. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Secil dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Tunarungu . Jurnal Pendidikan , 32(1), 139–144.

Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, Adrisal, & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu . Jurnal Pendidikan , 32(1), 153–158.

Ni’matuzaroh, Yuliani, Yuliani, S. R., & Woei, S. M. (2021). Psikologi Dan Intervensi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan, 140.

Purwati. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure . Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan , 42–47.

Safaruddin, Fatmawati, & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus , 3(2), 35–38.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Budi, S., Utami, I. S., Arnez, G., Putri, W. J. E., & Saputri, W. (2023). Penerapan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan , 32(1), 159–164.

Ukhti, A., Utami, I. S., Zulmiyetri, & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Metode Fernald pada Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan .

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Mawita, S., Setia Budi, Iswari, M., & Zulmiyetri, Z. (2024). Meningkatkan Kemampuan Memasang Baju Berkancing Menggunakan Video Tutorial Pada Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Pendidikan, 33(3), 643–650. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5485

Issue

Section

Artikel