Pengembangan Video Pembelajaran Penguasaan Kosakata dan Penguatan Karakter Melalui Puisi Tematik Untuk Anak Prasekolah
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6673Keywords:
Penguasaan Kosakata, Penguatan Karakter, Puisi tematikAbstract
Tantangan yang saat ini yang dihadapi dalam proses pembelajaran di TK Bukit Dago yaitu penggunaan media analog yang dirasakan kurang menarik bagi anak-anak prasekolah, khususnya dalam pengajaran kosakata dan penguatan karakter. Kerterbatasan variasi metode pembelajaran ini memerlukan adanya inovasi berupa video pembelajaran berbasis puisi tematik untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran bagi anak usia prasekolah untuk menambah kosakata dan memperkuat karakter melalui puisi tematik. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, uji validitas, dan observasi. Subjek penelitian adalah dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli materi pembelajaran, dan tujuh orang anak untuk uji coba terbatas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Video pembelajaran yang dihasilkan memperoleh penilaian sangat valid dari ahli media dan ahli materi. Dari uji terbatas untuk penguasaan kosakata dan penguatan karakter pada anak prasekolah menunjukkan kriteria penilaian sangat baik, sehingga video pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Anisyah, N. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN 2 Tatakarya Lampung Utara (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Arab, P. B. (2024). Pengkajian Pengembangan Bahasa Anak Dengan Pendekatan Teori Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.
Auliani, R., Larasati, S. A., Afifah, H. U. N., Fatimah, F. N., & Khadijah, K. (2023). Peran Parenting Islami Terhadap Perkembangan Sosial Emosiaonal Anak Usia Dini Di TK Siaga Muda. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12861-12872.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144.
Aulina, C. N. (2019). Metodologi pengembangan bahasa anak usia dini. Umsida Press, 1-107.
Azhari, A. (2015). Peran media pendidikan dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 43-60.
Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas guru dalam memanfaatkan media berbasis IT ditinjau dari gaya belajar siswa. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.
Handayani, W. (2023). Multimodal, Semiotika dan Terjemahan Slogan Pendidikan Sekolah Dasar: Visual dan Pesan Verbal dalam Pandangan Islam. Jurnal Kemuhammadiyahan dan Integrasi Ilmu, 1(2), 84-99.
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300-3313.
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: Pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140-150.
Khasanah, U., & Suparman, M. A. (2022). Model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan big book: Konsep dan aplikasinya. Prenada Media.
Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398-498.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125.
Lisdiana, A. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan terintegrasi penguatan pendidikan karakter bidang plb autis: kelompok kompetensi b.
Maharani, D., & Warmansyah, J. (2022). Pengembangan video pembelajaran untuk pengenalan kosa kata bahasa arab anak usia dini berbasis aplikasi inshot. JOSTECH Journal of Science and Technology, 2(1), 61-74.
Mansur, A. R., & Andalas, U. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Andalas University Pres, 1(1).
Nisa, K., & Ulfah, P. S. (2025). Integrasi Pendekatan STEAM dalam Desain Alat Permainan Edukatif Berbasis Daur Ulang untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Edukasia Jurnal Pendidikan, 2(1), 19-23.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50-56.
Noviyanti, V., Respati, R., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan multimedia tangga nada diatonis untuk pembelajaran seni musik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, 8(2), 364-377.
Pitaloka, A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia
Puspitasari, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audio Visual Melatih Pendengaran dan Daya Ingat Anak Usia Dini di PAUD Al-Khoiriyah Pekon Sukupadang Kecamatan Cukuh Balak Tanggamus. Ath-Thalib: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus, 1(1), 90-97.
Retnowati, W. F. (2018). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan.
Ristiani, I. (2017). Kajian dan Apresiasi Puisi dan Prosa Fiksi. Cianjur: Unsuspress.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25.
Sholihat, R. O. (2023). Analisis Pendekatan Semiotika pada Puisi Penerimaan Karya Chairil Anwar. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 2(1), 157-161.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukirno, A. (2013). Corak Pendidikan Berkarakter (Studi Komprehensif tentang Proses Bimbingan Keagamaan Terhadap Siswa di SMP Islam Al Azhar 11 Serang). Redaktur Ahli, 4(1), 27.
Supriyanto, D. (2015). Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 66-75.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.
Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.
Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.
Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.
Taufiqi, A. R., Subandiyah, H., & Fanani, U. Z. (2024). Integrasi Nilai Kepedulian Sosial Dalam Pembelajaran Sastra. Language. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 111-120.
Tyas, P. S., & Kustiarini, K. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah Kelas V di SDIT MTA Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).
Wulandari, A., & Suyadi, S. (2019). Pengembangan emosi positif dalam pendikan Islam perspektif neurosains. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 51-67.
Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70-92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.