PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Authors

  • Siti Khoriah Nurhasanah SMK Negeri 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.115

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar korespondensi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) siswa Kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Sragen semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Sragen yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar korespondensi siswa dari 21 siswa (58%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 27 siswa (75%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 35 siswa (97%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar Korespondensi meningkat dari 69,58 pada pra siklus menjadi 75,69 (meningkat 9%) pada siklus I dan menjadi 82,64 (meningkat 19%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan  bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar Korespondensi siswa kelas X OTKP 3 SMK Negeri 1 Sragen melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

 

Kata kunci: Team Assisted Individualization,  Prestasi belajar.

References

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Anita. Lie. (2002). Mempraktikkan Coopertive Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Penelitian Tindakan.Yogyakarta: Aditya Media

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arnie Fajar, dkk. (2005). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). 7 Tips Aplikasi PAIKEM. Jogyakarta: Diva Press.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Daryanto dan Mulyo R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Indra Bastian. (2006). Akuntansi Pendidikan. Yogyakarta: Erlangga.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kalhani Kasholah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Permendikbud No. 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.

Permendikbud No. 81A Lapiran IV tahun 2013 tentang Pedoman Umum Pembelajaran.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rini Budiharti. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press.

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Tahun 2003.

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wilis, Ratna D. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Published

2018-07-31

How to Cite

Nurhasanah, S. K. (2018). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.115

Issue

Section

Artikel