PENGGUNAAN STRATEGI TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Zainun Zainun SMA Negeri 7 Sarolangun

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.130

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai Sosiologi siswa di SMA Negeri 7 Sarolanun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing agar dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian di ambil secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif dengan lembar penilaian. Sedangkan data kuantitatif  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian, peningkatan hasil belajar siswa  dinilai dari aspek pengetahuan setiap siklus yaitu, 62,95 siklus I menjadi 67,86,untuk siklus II dan 75,00  untuk siklus III, untuk hasil belajar siswa yang dinilai dari aspek sikap setiap siklus yaitu 46,43 % untuk siklus I menjadi 64,29 %  untuk siklus II dan 76,58 % untuk siklus III dan penilaian dari aspek keterampilan setiap siklus yaitu, 32,14 % untuk siklus I 53,57 % untuk siklus II dan 82,15 % untuk siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Integrasi dan Reintegrasi.

 

Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran

References

Arkunto, Suharsimi (2015), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Koesoema, Doni, (2007) Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.

Sardiman, (2012), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiono, (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yamin, Martinis (2003), Strategi Pembelajaran berbasis Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada Press.

Published

2018-07-31

How to Cite

Zainun, Z. (2018). PENGGUNAAN STRATEGI TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 158–167. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.130

Issue

Section

Artikel