PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MI
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.18Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran Outdoor Study terhadap hasil belajar IPS Siswa MI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Huda Kalianyar Bojonegoro tahun ajaran 2015/2016. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes esai. Hasil penilaian berupa data gain score yang merupakan selisih nilai pre-test dan post-test dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai p-level lebih kecil 0,05 (p<0,05), yaitu 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, model pembelajaran outdoor study berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa MI. Hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata gain score kelas eksperimen sebesar 35,16 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya sebesar 14,04.Kata Kunci: Pembelajaran Outdoor Study, Hasil Belajar, IPS
Downloads
References
Dimyati. & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti, Jakarta: Dirjen Dikti.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Gage, N. L. & Berliner, David C. 1985. Educational Psychology. New York: Gulf Publishing Company.
Hamzah, Uno. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Lawson, Anton E. 1992. Development of Reasoning Among College Biology Student. V-A Review of Research. JCST: Vol. XX1 (6) May: 338-344.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.
Rostana, E. Cecep. 2002. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar daTI Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.
Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Susilo, H. 2001. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Makalah disampaikan pada Seminar Pembelajaran dengan Filosofi Konstruktivisme. Jombang, 22 September.
Thomas, J. W. 2000. A Review of Research On Project Based Learning. Supported by The Autodesk Foundation 111Mclnnis Parkway San Rafael, California. (Online), (http://www.autodesk.com/foundation), diakses tanggal 26 April 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.